Pagiracingsport.com - Motor kesayangan Agan dirasa udah cukup tua ?
Motor tua atau bekas sendiri nggak soal melulu identik dengan kata "mesin jelek" dan "gampang rusak". Semua itu tergantung sang pemilik memperlakuakannya setiap harinya gan.
Entah dia suka memacu pada RPM tinggi.
Atau, bahkan ganti oli setahun sekali ??? (emang bisa ? tanya saja kepada anak-anak muda bermotor gaul yang super ngirit)
PRS kali ini membeberkan tips supaya kerusakan motor Agan bisa sedini mungkin diketahui dan ditangani untuk mengurangi resiko kerusakan yang menular.
Cek Kondisi Mesin Motor dengan Snapping (Blayer)
Melakukan check-ing terhadap mesin motor memakai metode blayer mesin motor dengan menarik tuas gas perlahan hingga kira-kira putaran mesin di 3000 RPM.
Pada angka 3000RPM sendiri adalah angka yang sangat ideal untuk merasakan dan mendengarkan dengan lebih jelas, karena suara berisik dari knalpot masih cukup teredam di angka 3000 RPM.
Dengan cara tersebut Agan akan tau.
Apa yang terjadi terhadap mesin motor Agan ?
Dan bagaimana kondisinya.....
Oke kita mulai gan.
Saat mulai melakukan blayer, lakukan perlahan-lahan saja gan untuk meningkatkan RPM tidak perlu menarik-ulur terlalu cepat.
Jenis Suara Mesin Ada 2 : Rattle (berderik) dan Growl (berderak)
Derik : drik....drik.....drik.... (seperti pintu besi ketika dibuka)
Derak : krak...krak...krak.... (seperti bunyi bambu dibelah atau sebagainya)
Oke dengan pengetahuan dasar tersebut Agan bisa lanjut ke pemahan yang lebih luas mengenai suara-suara yang ditimbulkan dari beberapa bagian mesin.
Dengan begitu analisis kerusakan komponen juga dibagi dua gan, yakni kepala silinder dan kalter (blok mesin)
Suara yang Terdapat Pada Kepala Silinder
- suara camchain (rantai mesin / kamrat)
- suara piston
- suara sistem penggerak klep (noken as,klep,pelatuk klep /temlar)
Ciri-Ciri Suara Camchain (rantai kamrat) Rusak
Terdengar jelas suara berderik sangat jelas pada putaran mesin rendah (dibawah 3000RPM) tetapi saat RPM mesin meningkat suara tersebut hilang atau berkurang.
Maka jika Agan mendengar suara seperti ini bisa dipastikan komponen rantai mesin ada yang aus.
Agan bisa melakukan pemeriksaan pada komponen sekitarnya yakni tensioner, gigi penggerak (gigi sentrik), dan lat.
Ciri-Ciri Suara Piston (seher) Rusak
Beda dengan piston, yang terdengar adalah suara berderak.
Namun suara tersebut hanya muncul ketika putaran mesin dari 3000RPM turun ke posisi idle (stasioner).
Cara melakukannya, tutup knalpot dengan lap atau penutup sejenisnya dan lakukan tarik tuas gas sambil menginjak rem belakang juga gear (gigi) pada posisi 1.
Cek kerusakan bisa juga dengan melihat asap putih (ngebul) keluar dari knalpot, namun hal itu terjadi jika celah / tingkat aus piston sudah tingkat menengah-parah.
(Lebih Lengkapnya : Ciri Ciri Motor Kena Seher )
Ciri-Ciri Suara Sistem Klep Rusak
Suara yang terdengar, berderak.
Suaranya cukup keras jika putaran mesin motor rendah dan bertambah berisik ketika RPM motor semakin tinggi.
Apalagi ketika mesin motor dalam keadaan dingin, suara akan terdengar lebih jelas.
(Ciri suara-nya kebalikan dari suara rantai kamrat rusak)
Suara yang Terdapat Pada Blok Mesin (Kalter Mesin)
- Crsankshaft
- Sistem Kopling
Ciri-Ciri Suara Sistem Kopling Rusak
Suara yang tidak wajar yang muncul dari crankshaft (bandul, as-kruk) ditandai dengan adannya suara derak saat RPM naik secara cepat (langsung) dari stasioner ke 3000+RPM.
(untuk pengecekan pada blok mesin blayer lakukan dengan cepat)
Seperti cara pengecekan pada piston suara akan terdengar jelas saat knalpot ditutup dengan lap dan posisi gigi 1 juga menginjak rem belakang.
Pengecekan ini berfungsi untuk mengecek kondisi stang piston (connecting rod) dan bearing crankshaft.
Suara yang terdengar dari bagian sisi tengah blok mesin.
Ciri-Ciri Suara Sistem Kopling Rusak
Cara tes dan suara yang dihasilakan tanda kerusakan mirip dengan metode mengecek crankshaft.
Hanya yang membedakan, letak suarannya.
Jika suara pada kerusakan crankshaft berada ditengah blok mesin, maka ciri suara pada kerusakan sistem kopling ada pada bagian luar blok mesin (blok kopling).
Nah, kalau suara ini terdengar maka yang Agan lakukan adalah periksa karet damper pada kompling ganda dan kopling utama.
Kesimpulan
Kalau Agan mengetahui ilmu dasar mendengar suara mesin yang rusak atau aus.
Agan akan sangat mudah melakukan pengecekan sendiri atau menyuruh pihak bengkel, dan proses servis bisa jadi lebih cepat.
Umumnya servis resmi dan servis biasa tidak melakukan pengecekan terhadap hal ini dan mereka akan mengatakan ada bagian-bagian yang PRS sebutkan diatas mengalami aus.....
Ketika, part tersebut sudah mulai parah.
Nah, dengan bermodalkan pengetahuan diatas tersebut Agan bisa menyelamatkan motor kesayangan Agan lebih dini bukan ?
Bahkan dari yang namannya mogok ditengah padang pasir (jalan macet) ha-ha-ha....
Konversi KodeConversion EmoticonEmoticon