Cara Dasar Membersihkan Sepeda Motor

(gambar cycleworld.com)

Mencuci mobil adalah pekerjaan sederhana - sekedar membersihkan bagian kaca dan bagian cat. Benar ?
Bagaiamana dengan mencuci sepeda motor ?
Sepertinya malah ada lebih banyak yang dikerjakan. Motor kotor hanya sekedar memerlukan siraman air yang bertekanan tinggi tentunya untuk menekan noda yang menempel. 
Contoh kasus, sebuah motor street harga yang relatif tinggi tentu perlu sedikit penanganan lebih dalam pencucian. Saya ingatkan, setiap proses dalam pencucian motor, gravitasi bumi sahabat terbaik Anda lho. Gravitasi membantu pengeringan lebih cepat, jadi pastikan gunakan standar tengah.
Mencuci, pengeringan, dan perhatikan sedetail mungkin - kerjakan dari atas ke bawah.
  1. Beri perhatian lebih pada permukaan yang dicat (tangki bensin, fairings, spatbor) perlakukan dengan lembut - gunakan deterjen berbahan tidak "keras" atau merusak, kain bersih yang lembut, dan air hangat.
  2. Meng-khrom bagian seperti cat boleh saja dilakukan, tetapi lakukanlah menggunakan polish khrom ya.
  3. Roda selalu perlu sapuan kuas, seperti gigi manusia pastikan Anda lakukan dengan teliti dan telaten. Begitu juga dengan debu pada rem yang memang lengket, tetapi sabun, air, dan kuas pembersih akan melakukan tugasnya.
  4. Bikers kadang tidak sadar motornya sudah banyak dilumuri noda yang sulit hilang bagaikan lemak atau minyak. Solusinya adalah gunakan cairan kimia. Beberapa diantaranya malah bukan pembersih sama sekali, yakni seperti minyak dan pelarut WD-40 atau semacamnya.
  5. Keringkan dengan lembut permukaan yang dicat dengan handuk bersih atau chamois. Pada beberapa celah kecil dan besar motor, umumnya akan lebih baik jika Anda keringkan dengan pengering udara kompressor. Jika tidak ada, bisa gunakan vacumm cleaner seadanya atau hair dryer. Tetapi alangkah baiknya menggunakan panas terik matahari yang lebih efektif.
Nah, sahabat modifikator atau bikers lover. Sudahkan mencuci motor Andakah hari ini, jangan lupa bersihkan motor Anda sesering mungkin Agar ketika dicuci noda mudah dihilangkan dan pada tipe motor tertentu yang menggunakan velg bagian luarnya logam, pastikan ketika terkena air hujan dan noda, segera bersihkan untuk meminimalisir karat.
Selanjutnya
« Post Selanjutnya
Sebelumnya
Post Sebelumnya »