Ini dia Jenis-Jenis Fairing dan Penjelasanya

Fairing yang eksistensinya sebagai piranti yang mempercantik tampilan kini sudah menjadi "mainan" favorit dikalangan biker dan modifikator. Bentuk motor yang seakan-akan tidak dikenali lagi aslinya karena telah tertutup oleh fairing menjadi salah satu alasan seseorang untuk mengaplikasikan pada motornya, apalagi mereka pecinta motor. 

Salah satu alasan seseorang memberi fairing pada motornya adalah untuk kontes, tak jarang salah satu dari mereka yang menggarap fairing dengan sentuhan seni yang tinggi dapat memenangkan kontes. Tidak rugi bukan, memenangkan kontes anggap saja sebagai balik modal.

Padahal pada dasarnya penambahan fairing dilakukan pada motor yang "pantas" dan tentunya berjenis sport. Dari situ Anda akan tau bahwa tidak semua motor dapat diberi kesan sport, maka dibagilah fairing menjadi beberapa jenis.


Full Fairing


Jenis fairing yang paling sporty dan penuh. Bentuknya yang menutupi seluruh bagian depan sampai bagian tengah si motor (hingga menutupi bagian mesin) serta sisi kanan dan kiri motor secara penuh sampai pada bagian pijakan kaki (footstep) pengendara. Tentunya kelebihan full fairing yang terutama adalah melindungi mesin motor, layaknya pada ajang balap MotoGP yang tentunya setiap rider menggunakan kuda besi full fairing.

Half Fairing



Half fairing, dari kata-kata Anda bisa menebak. Jelas sekali setengah dari full fairing. Biasanya fairing jenis ini hanya melindungi bagian depan dengan windscreen serta bagian dibawah stang sampai mesin bagian atas, sehingga fairing tidak menutupi seluruh bagian mesin.


Quarter Fairing


4 Jenis Fairing Yang Biasa Digunakan Untuk Modifikasi Motor

Quarter Fairing memiliki tampilan atau desain lebih simpel dari pada full fairing dan half fairing. Desain quarter fairing hanya memiliki bagian wind screen dan juga sedikit penutup pada sekeliling wind screen. Yang artinya jenis fairing yang satu ini hanya menutupi bagian kepala motor sampai shock depan bagian atas (antara jepitan segitiga). Namun dirasa fairing ini kurang sporty dan lebih terasa aura klasiknya.

Fairing Belly Pan


4 Jenis Fairing Yang Biasa Digunakan Untuk Modifikasi Motor

Pada jenis Quarter dan half fairing biasanya terdapat jenis fairing belly pan, atau dapat juga disebut air scoop, yang memiliki fungsi untuk mengarahkan air flow (aliran udara) agar menjauhi area bawah mesin sehingga efek aerodynamic liftnya bisa di kurangi. Selain itu, jenis fairing ini berfungsi pula untuk meningkatkan keindahan motor. Biasanya jenis belly pan ini diaplikasikan untuk motor balap yang banyak di tujukan untuk menampung bocoran oli yang bisa membahayakan rider lain. Model ini biasanya banyak dijumpai pada motor yang berjenis trail dan niked bike untuk touring.

Dari keempat jenis fairing yang tertulis diatas, semua tergantung selera masing-masing rider. Keempatnya juga memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing. Anda harus selektif tentunya dalam masalah modifikasi motor terutama jika ingin mengaplikasikan fairing pada motor Anda. Pada kenyataanya jenis-jenis fairing tidak terbatas dan bisa dikreasikan sendiri, semua yang tertulis diatas adalah yang sudah umum.


Beragam fairing tentunya membuat dilema tersendiri bagi modifikator. Jika Anda salah satunya yang mengalami dilema, bisa juga kunjungi toko online saya di pagiracingsport.com dan Anda bisa melihat beberapa portofolio beserta produk yang saya jual disana.
Selanjutnya
« Post Selanjutnya
Sebelumnya
Post Sebelumnya »