Perbedaan ABS dan Fiber Glass Pada Bahan Body Modifikasi

perbedaan fiber glass dan bahan abs untuk fairing


Pagiracingsport.com - Waduh gan, judul yang cukup sakral untuk dibahas...

(Pastikan serius, kalo nggak tutup halaman ini sekarang, PRS serius, sekarang !!)

Kali ini PRS bakal membahasnya dengan sedikit lebih luas gan tidak sekedar dari sisi teknis namun bakal PRS beri Agan sisi filosofi-nya....

Untuk soal urusan modifikasi, seseorang pasti ingin yang terbaik pada hasil akhirnya.

Semua orang gan... Tak terkecuali PRS juga ingin membuat yang terbagus untuk klien-klien kami.

Tak sedikit, klien yang menanyakan.

"Kenapa nggak pakai bahan ABS aja gan ?"

"Wah fiber ya gan, yaudah kalau gitu ane request yg ABS bisa nggak ?"

Pertanyaan-pertanyaan tersebut muncul karena kurangnya pengetahuan yang berdasarkan pengalaman langsung dan hanya tau dari sisi teknis (bahkan teknis dasar pula).

Dengan tingkat pemahaman yang terlalu dasar, bahan modifikasi body kit jelas menang telak yang berbahan ABS gan !!

Lalu, apa yang juragan PRS mau jelaskan pada posting kali ini ? Kalau jelas ABS jawaranya !!?

Simak-lah..... 👇

Penjelasan Teknis : Perbedaan ABS dan Fiber Glass untuk Modifikasi Otomotif

1. Proses Produksi

Pada ABS : bahan dasar ABS ini terkenal dengan sebutan "modifikasi praktis", pasalnya di produksi dengan cetakan yang sudah ada dan lebih umum untuk mengganti body original dan tidak custom.

Karena menggunakan alat dan mesin tertentu pada pembuatannya, tentu jika dibuat custom biaya produksi akan lebih tinggi. Maka body kit berbahan ABS lebih condong sekedar untuk mengganti part original atau serep, bukan modifikasi custom karena harga pasti lebih tinggi jika produksi jumlah kecil, apalagi motor yang jarang dipasaran.


Pada Fiber Glass : menjadi terkenal karena berniali seni lebih tinggi gan.

Itu sangat relatif, tergantung sang produsen dan di mata sang pembeli sendiri.

Contoh kasus nyata, kami, Pagi Racing Sport. Dengan pembuatan body kit berbahan fiber, proses pembuatan awal sangat dibutuhkan tangan-tangan manusia alias manual.

Karena berdasarkan tangan, maka body kit fiber cenderung lebih lelusa untuk di custom dan tidak itu-itu saja modelnya.

Terkadang pada pengrajin fiber pemula, hasil memang tidak memuaskan.

Namun pada pemain fiber professional, mereka sudah mampu membuat custom dengan bentuk yang professional untuk di aplikasikan ke motor lain.

Contoh fairing kami yang sedang meledak di pasaran, CBR250RR Tokyo Concept. Bisa di aplikasikan ke beragam motor sport karena di desain memang bisa dipasang secara universal dan pemasangan dengan bracket (plat).

Dan, bobot fiberglass bisa dipastikan lebih berat dibanding ABS, namun bobot tergantung komposisi pembuatan dari produsen.

2. Cat / Finishing

Pada ABS : PRS akui, memang sangat presisi dan berkualitas tinggi.

Karena secara umum menggunakan oven yang membuat cat lebih meresap ke pori-pori dan pori-pori pada ABS pun lebih rapat.

Jelas, hasil cat lebih rapi dan tak jarang tampak orisinil seperti pabrikan.

Satu hal kelemahannya, pada ABS hasil cat tidak cukup cerah.

Pada Fiberglass : Nggak kalah dengan ABS gan, lagi-lagi faktor tangan manusia.

Sekali lagi gan, karena betul-betul di buat secara manual.

Finishing cat pada fiberglass bergantung pada proses amplas yang harus sangat halus dan pengerjaan cat oleh orang yang berpengalaman.

Dengan tegas PRS bilang, memang cat fiberglass sedikit dibawah ABS, namun itu tergantung pada si pengrajin fiberglass sendiri saat proses amplas dan pelapisan cat.

Kelebihan cat fiberglass dibanding ABS, cat tampak lebih cerah dan menentang.

Untuk kualitas produksi PRS, kami berani di adu gan 😃


3. Ketahanan

Pada ABS : sempat terkejut ada yang bilang ABS itu super lentur bahkan ditekuk pun tidak patah (hanya membekas). Itu bukan ABS gan, itu polypropylene yang terdapat bagian spakbor pada motor trail dan bahan itu cukup sulit dibuat untuk custom karena bakal sulit pada pengecatan dan teksturnya pekat.

Faktanya, ABS memang lentur namun tetap bisa pecah jika terbentur pada benda padat cukup keras atau tabrakan antar motor. Juga patahan/ pecahannya berpotensi berkeping, serta sulit diperbaiki gan.

Catatan !
Kualitas ABS berbeda-beda gan, namun jika itu pabrikan dipastikan aman dan tahan banting seperti tabrakan ringan, bahkan, mungkin hanya lecet namun jelas harga belinya cukup tinggi.

Jika itu ABS produksi industri mandiri, pintarlah dalam memilih produsen yang terpercaya gan.

Mudahnya ada harga-ada rupa atau cek langsung review sang produsen tersebut.

Nah, ABS dipasaran pun ada yang asli dan ada yang ngaku-ngaku ABS (tapi berbahan PolyUrethane fiber). Jelas ABS asli lebih tahan banting, bahkan ada yang nyaris tahan pecah.

Pada Fiberglass : pengalaman kami selama kurang lebih dua tahun (sejak artikel ini dibuat), pembuatan fiberglass umumnya tidak menggunakan cobalt, sebut saja kimia untuk melenturkan.

Kenapa ? Karena penggunaan cobalt akan memperlambat produksi dan meningkatkan harga.

Karena sifatnya yang memang tidak lentur, tentu fiber glass jika ditekuk terlalu kuat pasti akan patah atau retak.

Lagi-lagi itu relatif juga gan, tergantung komposisi sang produsen body kit fiberglass, bagaimana pencampuran komposisinya

Sangat jelas. pasti berbeda-beda antar produsen atau pengrajin fiberglass.

Eitss tunggu dulu... tapi tebal-tipis tidak terlalu berpengaruh untuk soal tingkat kelenturan.

Kelebihan fiberglass yang pasti, terletak pada jaminan bisa diperbaiki ketika pecah, ini disebut dengan proses tambal gan, bahkan bisa tampak seperti baru tak berbekas.

Berbeda dengan ABS yang jika ditambal ketahanan tambalan diragunakan dan mungkin berbekas.

4. Harga

Pada ABS : harga sangat beragam gan, dari yang super murah sampai puluhan juta (impor orisinil).

Kalau ABS pabrikan bisa dipastikan tinggi, karena standar tinggi dan ongkos merk-nya.

Namun jangan remehkan juga ABS aftermarket, mereka juga nggak kalah gan untuk bersaing dengan produksi pabrikan asli, itu semua bergantung dari faktor produksinya (alat, mesin, dan tes kualitas),

Semakin custom (model unik) body kit ABS tersebut bisa dipastikan harga yang ditawarkan semakin tinggi karena produksi kecil (meminimalkan rugi jika tidak laku), begitu juga semakin modelnya umum harga semakin murah karena produksi jumlah banyak mampu menekan biaya produksi.

Harga ABS belum tentu lebih tinggi dari fiberglass, tidak jarang part-part kecil modifikasi lebih murah yang berbahan ABS gan.

Pada Fiberglass : ada harga - ada kualitas. secara garis besar bisa disebut begitu.

Pengalaman kami melihat pasar, pada body kit fiber harga murah atau dibawah rata-rata. Sangat umum dijumpai finishing cat yang cukup asal dan bentuk yang tidak presisi juga kualitas-ketahanan yang lebih diragukan gan.

Namun ada juga lho... Pemain / produsen body kit fiber pemula yang langsung pasang harga tinggi, jadi tetap teliti ya gan.

Jika dibandingkan secara pembelian body full set, jelas lebih murah yang berbahan fiberglass gan, karena rata-rata produsen fiber memproduksi barang ketika ada order, jelas sangat menekan biaya.


Dapat Sesuatu ? Kesimpulan Teknis !

Pada body kit ABS standar mutu yang didapat lebih terjamin dan rata-rata baik gan, walau tidak semua. 

Namun untuk ABS sendiri tingkat ketersediaan dipasaran masih cukup minim gan, karena produsen perlu modal besar membeli alat khusus untuk memulai produksi dengan bahan ini.

Tetapi jelas, jika dirata-rata ABS memiliki standar kualitas yang lebih tinggi daripada fiberglass.

Pada body kit Fiberglass tidak ada namanya standar produksi, fiberglass lebih mengutamakan jiwa seniman disetiap hasil produksinya.

Semua bergantung pada sang pembuatnya langsung dan standar yang ditetapkan oleh sang produsen itu sendiri.

Pada fiberglass, model yang didapat lebih tampak beragam, jelas banget gan produsennya banyak dimana-mana.

Namun sangat nampak jelas, kualitas fiberglass perlu dipertanyakan pada setiap produsen, mudahnya Agan langsung datang ke tokonya atau mencari review tentang produsen tersebut.

Intinya ! Kalau dilihat dari pandangan orang secara umum, ABS memang yang terbaik, biar nggak pake pusing ha-ha-ha...

Semua ada kelebihan-kekurangan masing-masing dan sesuai selera masing-masing pula.

Oiya kalau Agan tanya PRS, jelas kami bilang fiberglass yang terbaik, karena itu jualan kami 😃

Masih butuh penjelasan lain ? PRS lanjut ke penjelasan filosofi....

Pejelasan Filosofis : Perbedaan ABS dan Fiber Glass untuk Modifikasi Otomotif

perbedaan fiber glass dan abs filosofi


(sumber : modifikasi.com )

Jalan-jalan di dunia maya, sambil cari referensi buat melengkapi postingan kali ini, eh dapet penjelasan yang bakal menjamin mencerahkan Agan-Agan nih,

Okelah, PRS kutip dan sedikit ada perubahan kata he-he-he
Thanks, untuk bro Amadeus.Bodykit si pembuat thread di forum tersebut 😀

Jika Agan orang yang merasa cukup bijaksana dan ingin mengerti lebih adil, tentang perbedaan bahan body kit.

Atau Agan tidak cukup puas dengan penjelasan diatas....

Gini nih gan. Intinya DARI SEMUANYA adalah RELEVAN alias TERGANTUNG pilihan Agan-Agan.

Ibarat Mie Ayam dan Mie Instan.

Mie Instan (Ilustrasi Body Kit ABS/ Plastik) :
  • Dibuat semuanya sama persis sesuai standar.
  • Semuanya dibuat menjadi kering.
  • Harganya murah dari 1rb-3rb an (ilustrasi). Karena produksi jumlah besar dan efisiensi tinggi.
  • Sebuah pabirk. Bisa produksi ribuan buah setiap hari.
  • Tersedia diseluruh belahan daerah, dan hebatnya semuanya sama persis.
  • Proses produksinya sebagian besar menggunakan mesin, namun masih ada proses yang menggunakan tangan manusia namun jumlahnya minim.
Mie Ayam
  • Setiap hasil pembuatannya, rasa pasti berbeda (tergantung komposisi bumbu dan micin dari sang penjual).
  • Bisa menentukan tekstur mie sesuka pembeli, mau lembek atau keras.
  • Harganya jauh diatas mie instan karena punya citra rasa khas.
  • Setiap mie adalah hasil dari sang mastermind berbeda.
    Warung A dan B pasti berbeda. Mangkuk A dan B juga bisa berbeda rasa. Agar sama sang pembuat mie harus sama dan perlu bumbu rahasia serta cara memasak yang di standar-kan.
  • Proses pembuatan oleh para tangan-tangan ahli yang berbeda.
  • Yang memiliki rasa mie khas, ya hanya pembuat mie ayam itu sendiri.
  • 100% tenaga manusia (walau dibantu mesin tapi masih dengan bantuan tangan).
Jadi kalau begini lebih adil kan gan... 👍

ABS atau Fiberglass, tergantung kebutuhan dan selera Agan.

Pilih ABS, jika model konsep adalah hasil produsen terkenal Modulo, Ings, TRD, Wald, Ings, Mugen.... maka sudah dipastikan kualitasnya sangat luar biasa dengan ketersediaan yang luas.

Pilih Fiber,jika Agan sangat butuh custom untuk ajang kompetisi / kontes atau sekedar meningkatkan gaya motor Agan. Hasilnya nggak tanggung-tanggung, karya seni yang cuma Agan punya seorang, tiada duannya.

Tapi ingat, kembali ke sang seniman dan selera seni Agan.

Nah loo gan.... 

Gimana ???

Makin paham atau sebaliknya .... ha-ha-ha....

Semoga penjelasan extra lengkap pada postingan kali ini mencerahkan Agan-Agan semua dan pastikan Agan mendapat pengertian yang berbeda dan keduanya tidak bisa disamakan lagi gan 😃

Terima kasih sudah mampir gan 😃
Selanjutnya
« Post Selanjutnya
Sebelumnya
Post Sebelumnya »