Perbedaan Merk Lampu Halogen Motor dan Penjelasan Lengkapnya





Pagiracingsport.com - Jalan-jalan di dunia maya eh PRS nggak sengaja nemu beginian gan...

Agan kaskuser yang nge-review berbagai merk lampu halogen untuk motor + dijelasin pula perbedaannya gan dan penjelasan lainnya.


Pastinya hal beginian bakal membuat Agan lebih teliti ketika membeli lampu halogen untuk kegunaan sehari-hari.

Mari di simak gan detailnya 👍

100% mengutip dari kaskus dan sedikit penyempurnaan tulisan serta tanda baca.

( credit by kaskuser Agan Karbonsurya )

Ini Dia Perbandingan Merk Lampu Halogen yang Beredar di Indonesia


Sesuai judul saya akan sedikit memberi tips memilih beberapa lampu halogen buat bikers yg sering riding malam hari or hobi touring.

Di pasaran ada sangat banyak merk tetapi yg saya share dan pernah saya coba di motor mio,seperti..
Aspira,Osram,Wurth,Sparkle,Apexer (autovision),Phillips

1.Aspira

Lampu halogen dengan daya 35w ini lebih terang daripada standarnya untuk hi/low beam normal hanya tersedia warna standar (kaca bening) kisaran harga 25.000



2.Osram

Untuk Osram 35/35 saya pakai yg all season (kuning) hasilnya cukup memuaskan cahaya jauh diatas Aspira terang fokus,kekurangan nya hi/low beam terbalik.

Osram tersedia warna biru,kuning dan kaca bening.kisaram harga 30.000

Osram kardusan harga +-12.000 an

25w x 2 full wave shogun sp






Osram All season


osram silverstar


Osram NBR+




Info lebih lengkap tentang OSRAM cek page 102 (from suhu Diesel Power)

3.Wurth

Lampu dari jerman ini untuk intensitas cahaya nya diatas lebih terang dari merk Osram, kekurangan hi/low beam terbalik,dan saya rasa kurang awet di hi beam nya,tersedia warna biru kuning.

Saya sudah pernah coba 2x umurnya pendek di hi beam nya.kisaran harga 95.000






wurth below xenon



wurth below yellow
light off


low beam


high beam




4.Sparkle

Bohlam Sparkle saya pernah coba super white xenon sinar nya imbang dengan merk Aspira tetapi kebiruan,hi/low beam normal seperti standarnya,kisaran harga 45.000



5.Apexer

Saya coba yg warna biru 5000k hasilnya biasa saja seperti lampu standar motor tetapi kebiruan,hi/low beam normal seperti standar,tersedia warna biru pelangi kuning kisaran harga 30.000.



6.Phillips

Phillips terus terang memang terang gan hi/low beam standar normal ga kebalik,tersedia warna standar dan biru.kisaran harga 50.000



Phillips Blue vision


Low beam


High beam



Phillips Extreme Vision H4 55/60w




Phillips EV Low beam



Phillips EV Hi beam



Phillpis Motovision



Phillips Motovision low beam



Phillips Motovision HIi Beam


*cek pict gan di pinggir2 beam spot nya ada bias cahaya orange, cocok buat ujan tu gan

Phillips VS Osram all season



Beberapa Tipe Bohlam Halogen untuk Sepeda motor:


Tipe pertama yaitu bohlam dengan kaki 1, soket M5

Biasanya digunakan pada motor bebek seperti Honda grand, Yamaha Jupiter, Yamaha mio dan Honda vario. Kaki 1 ini juga masih dibagi dalam berbagai daya yaitu 18/18 watt, 25/25 watt,30/30 watt,35/35 watt.

Tipe kedua yaitu bohlam dengan kaki 2

Biasanya digunakan pada motor vespa, dan dibagi lagi dua macam pilihan daya yaitu 25/25 watt dan 35/35 watt

Tipe ketiga yaitu bohlam dengan kaki 3, soket H6

Diaplikasikan pada bebek seperti Honda supra, Honda tiger dan Honda GL terdapat dua macam pilihan daya yaitu 35/35 watt dan 35/30 watt.

Tipe keempat dengan lubang 3

Tipe ini sudah sangat jarang beredar, karena digunakan pad motor lama seperti Yamaha rx-king. Tersedia dalam ukuran 35/35 watt

Tipe soket H7

Tipe ini sering ditemukan pada mobil, tetapi untuk motor juga ada yang menggunakan bohlam tipe ini. Untuk penampakannya tergolong kecil dan punya filament hanya 1. Sedangkan daya sebesar 55 watt, contoh, dipake di Kawasaki Ninja 250 & Bajaj Pulsar 220F

Tipe soket H4

Tipe ini juga sering dipakai oleh mobil, untuk dimotor yang memakai socket ini adalah motor Honda CBR 250 cc dan CBR 150cc, Bajaj Pulsar 200 NS, Bajaj Avenger series. Daya lumayan tinggi yaitu memakai daya 60/55 watt.

Tipe soket HS1

Tipe ini secara fisik mirip dengan H4, tetapi HS 1 ini didesain khusus untuk motor dengan daya 35/35 watt. Tidak dianjurkan motor yang aslinya memakai HS1 kemudian diganti dengan H4, karena bisa membuat reflector lampu menjadi meleleh. Bohlam ini dapat djumpai pada Yamaha vixion dan Kawasaki athelete, Bajaj Pulsar series, TVS Apache series

Compare (Perbandingan)



Perbandingan Osram asli dan ASPAL (Palsu)


(yg kiri palsu gan)

Ini beam pattern nya asli sama ASPAL



Juragan pasti ngalami beberapa brand lampu hi/low beam nya terbalik ini gan ada tips dari juragan MATSUKAWA





congkel pke obeng (-) salah satu ujung yg ada pengait ke body fitting sampe lepas kedua pengaitnya



setelah terlepas putar 180 derajat, ampe ke2 pengaitnya bertukar posisi..

pasang kembali sma sprti cra ngelepasnya...

wallaaa,hi low beam nya dh ngikut saklar,ga ketuker lgi


Cara Pasang Relay

Berikut tips pasang relay dari suhu novaera,

Relay berguna untuk mencegah saklar meleleh apabila kelistrikan lampu sudah fullwave.




Ini Gan Kenapa Lampu Halogen Ga Boleh Dipegang Tangan


1. Jari tangan kita selalu meninggalkan sidik jari berupa lapisan lemak tipis.

2. Lapisan lemak yang menempel pada kaca lampu halogen membuat suhu permukaan kaca lebih dingin dibanding permukaan kaca yang lain. Hal ini karena lemak tadi pada suhu yang sangat tinggi akan melebur menyatu dengan kaca yang berbahan dasar Quartz sehingga koefisien muainya menjadi berbeda dengan bagian yang bersih. Jika perbedaan koefisien muainya sangat besar, bisa menyebabkan kaca pecah.

3. Akibat perbedaan suhu cackle di atas, proses siklus halogen tidak dapat bekerja sempurna.

4. Semakin banyak uap tungsten yang terkondensasi pada kaca lampu, tepatnya pada bagian kaca yang lebih dingin (ada lemak). Bagian tersebut biasanya akan menjadi berkabut hitam, abu-abu atau putih.

5. Akhirnya lampu menjadi cepat putus, akibat filamen tungsten yang cepat menipis karena menguap.



Demikian share dari saya dan mohon ditambah jika juragan punya pengalaman seputar lampu halogen motor, semoga berguna buat juragan yg pengen meningkatkan performa lampu tanpa ubahan neko2.

Jika ada yg kurang silahkan ditambahin gan,saya siap terima saran2 dan masukan yg membangun untuk thread ini.

Terimakasih

Keep Safety Riding Brothers

Kesimpulan

Harga tinggi belum tentu terbaik gan soal lampu halogen ini, semua memilki spesifikasinya masing-masing sesuai pengaturan pabrikan.

Bahkan merk / brand terkenal sekalipun bukan jadi yang terbaik dalam ranah penerangan halogen untuk sepeda motor.

Nah gan, gimana kira-kira informasi diatas oleh Agan Karbonsurya ?

Jika Agan merasa sangat terbantu dan berguna, bisa disharekan ke kawan lainnya yang dirasa membutuhkan info diatas.

Akhir kata dari PRS, jadi rider yang cerdas gan 👍

Terima kasih sudah mampir.
Selanjutnya
« Post Selanjutnya
Sebelumnya
Post Sebelumnya »