Pagiracingsport.com - Juragan PRS, Apa sih ban tubless itu .... ?
Mungkin pertanyaan yang sering muncul dikepala para pemilik kendaraan bermotor awam atau yang baru saja punya kendaraan, utamanya anak muda SMA jaman sekarang.
Mengutip dari wikipedia.
Ban tanpa tube atau tubeless adalah....
"Ban Tubeless adalah ban yang dirancang tanpa mempunyai ban dalam. Ban tubeless in diciptakan sekitar tahun 1990. Ban tubeless adalah ban pneumatik yang tidak memerlukan ban dalam seperti ban pneumatik seperti biasanya. Ban tubeless memiliki tulang rusuk terus menerus dibentuk secara integral ke dalam manik ban sehingga mereka dipaksa oleh tekanan udara di dalam ban untuk menutup dengan flensa dari velg roda logam."
Intinya ban tubeless adalah ban yang didesain tanpa membutuhkan ban dalam.
(BACA : Bahaya Menambal Ban Tubeless di Tambal Ban dan Bagaimana Cara Menambal yang Benar !! )
Berkenelan dengan Ban Tubeless
Sebenarnya ban tubeless bukanlah hal baru lagi diranah dunia otomotif. Hanya ban tubeless sendiri mulai naik daun bebarengan dengan makin naiknya pamor motor sport dan model-model yang makin terjangkau hargannya.
Nggak nutup kemungkinan juga, dampak dari hobi anak muda jaman sekarang yang makin gencar pamer kegagahan motor.
Bisa diambil kesimpulan ban tubeless sendiri sangat membantu disirkuit balap dan tentunya mantep banget digunakan untuk kebut-kebutan.
Spesifikasi Ban
Bentuk ban tubeless umumya lebih bulat. Efeknya, sangat membantu dalam manuver kecepatan tinggi dan sangat stabil pada tikungan.
Life Span (Umur Pakai)
Umur pakai ban tubeless sedikit lebih singkat dari ban biasa, yakni 1,5 tahun pada penggunaan harian. Ban biasa bisa hingga 2tahun.
Namun, semua tergantung dari pemakainnya juga ya gan :)
Faktanya ! Tidak Anti Bocor
Ban tubeless kalau kena paku atau benda tajam dijalan, sejatinya tidak langsung bocor gan. Tentu hal ini yang membuat seolah ban ini anti bocor, padahal tidak. Karena keluarnya angin sangat lambat.
Untuk ban tubeless, berikan perhatian lebih gan lakukan pengecekan sesekali karena jika kempes tidak terlihat. Soalnya gan ban tubeless berpotensi menjadi benjol atau tidak bulat gan pada beberapa kasus.
Kelebihan dan Kekurangan Ban Tubeless
Hmm... ternyata ban model ini bukan solusi yang menggantikan ban konvensional gan. Karena tidak menyempurnakan kelemahan dari ban biasa dan tetap memiliki kelebihan-kekurangan.
Kelebihan
- Meningkatkan kenyamanan pada jalanan perkotaan atau aspal mulus.
- Sangat cocok digunakan di sirkuit balap, karena spesifikasi ban mendukung penuh laju kecepatan tinggi dan memudahkan bermanuver.
- Jika tertusuk benda tajam dan terjadi kebocoran, ban tidak langsung kehabisan angin dan masih bisa digunakan cukup lama.
- Pemberian cairan khusus untuk ban tubeless membuatnya lebih "anti" bocor, pada beberapa kasus tertusuk benda tajam, lubang dapat menutup sendiri.
Kekurangan
- Pada keadaan jalanan yang macet terasa lebih berat bermanuver.
- Tidak cocok untuk berkendara off-road atau jalanan yang rusak.
- Harga lebih tinggi dari ban biasa (sebanding dengan efisiensi dan tidak perlu sering mengisi angin).
- Umur pakai lebih singkat dari ban biasa.
- Ban tubeless memiliki massa lebih berat, sehingga jika diaplikasikan pada motor non-sport akan cukup terasa.
- Terkadang, sedikit lebih boros bahan bakar.
Kesimpulan
Ban tubeless bukanlah ban terbaik gan, pada penggunaan sehari-hari ban tubeless juga memiliki kelebihan serta kekurangan tersendiri dari ban biasa.
Hmmm... lagi-lagi Agan sendiri yang tentukan, sesuaikan selera penggunaan harian Agan.
Apakah jalanan yang sehari-hari Agan lewati mulus ?
Apakah Agan sering memacu motor pada kecepatan tinggi ?
Apakah jalanan di kota Agan tergolong masih sepi ?
Yak, mungkin ketiga pertanyaan tersebut bisa membantu Agan he-he-he...
Selamat bermanuver ria gan, salam satu aspal !!
Terima kasih gan sudah membaca postingan PRS hari ini, semoga mencerahkan :)
Konversi KodeConversion EmoticonEmoticon