14 Aturan Dasar Keamanan Berkendara : Pasti Agan ada yang Belum Lakuin


Pagiracingsport.com - Faktanya penggunaan sepeda motor sangat mudah, coba Agan pembaca ingat-ingat sulit nggak hidupin motor - kendarai motor - bahkan akhirnya hingga sampai tujuan.

Bisa juga Agan bayangin ketika Agan belajar mengendarai motor pertama kali.

Sulit kah ?

Namun secara teori ternyata ada 14 peraturan dasar yang membuat pengalaman naik motor jadi aman "banget", Jelas gan, tujuanya untuk memaksimalkan keamanan berkendara dan keselamatan lebih ditingkatkan.

Seperti ini gan ke-14 peraturan dasar tersebut yang saya yakin dari seluruh peraturan pasti Agan ada yang nggak terapin (tentu, karena bikin kenyamanan berkurang hehe).

Sesulit apa sih aturan-aturannya ?

14 Aturan dasar Berkendara Sepeda Motor

  1. Selalu gunakan helm berstandar SNI agar melindungi pengendara dan penumpang jika terjadi kecelakaan. Helm juga berfungsi sebagai penahan terpaan angin, debu, atau partikel lain yang mungkin berbahaya seperti kerikil.
  2. Gunakan masker untuk menutupi hidung dan mulut supaya paparan polusi ke dalam tubuh berkurang.
  3. Jangan lupa memakai jaket untuk melindungi tubuh pengendara dan penumpang dari sinar matahari dan angin supaya kesehatan terjaga.
  4. Pakai selalu sarung tangan. Meski terlihat sepele, sarung tangan sangat berguna. Selain melindungi kulit dari sinar matahari, sarung tangan juga mencegah kulit tangan bersentuhan langsung dengan aspal jika terjadi kecelakaan atau terjatuh.
  5. Gunakan celana panjang yang terbuat dari jeans  atau berbahan tebal. Gunanya, melindungi kulit dari sinar matahari dan mengurangi risiko terjadinya luka jika terserempet atau terjatuh.
  6. Bagi perempuan, hindari penggunaan rok panjang selama mengemudi atau membonceng. Rok panjang yang “berkibar” akibat angin berisiko tersangkut atau mengenai rantai sepeda motor sehingga dapat menimbulkan kecelakaan.
  7. Tanggalkan sandal atau sepatu berhak tinggi ketika berkendara. Gunakan sepatu ringan bersol karet atau sepatu boots  di kala hujan. Bertelanjang kaki, bersandal, atau bersepatu hak tinggi berisiko luka jika terjadi kecelakaan, mengganggu kenyamanan dan konsentrasi karena hawa panas mesin.
  8. Taati peraturan lalu lintas untuk meminimalkan kecelakaan, baik bagi pengendara maupun pengguna jalan lainnya.
  9. Jangan membawa barang atau penumpang melebihi kapasitas. Sebagai catatan, sepeda motor jenis matic  dan bebek memiliki batas beban seberat 150 kilogram dan sepeda motor jenis sport  memiliki batas beban seberat 160 kilogram. Membawa beban berlebih memungkinkan kehilangan keseimbangan. Bila sering dipaksakan, mesin, ban, rantai, dan shock breaker  sepeda motor bisa rusak, serta penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang lebih boros.
  10. Hindari memodifikasi bentuk sepeda motor agar tidak mengurangi kenyamanan dan keamanan. Pasalnya, setang, spion, knalpot, mesin, lampu, atau ban sudah melalui proses uji coba dan perhitungan matang.
  11. Jangan menaruh tas di setang atau di antara kedua kaki agar tidak mengurangi keseimbangan selama berkendara dan tidak mengurangi ruang kaki selama berkendara.
  12. Ketika membonceng penumpang, pastikan penumpang menggunakan peralatan keselamatan standar berkendara.
  13. Jangan membawa penumpang lebih dari satu orang. Pasalnya, desain sepeda motor memang dibuat untuk dua orang. Jika terpaksa membawa anak, posisi anak harus berada di tengah supaya ia terlindung dari angin dan debu serta aman selama berkendara.
  14. Posisi duduk penumpang yang benar adalah menghadap ke depan, bukan menyamping. Lutut tidak boleh lebih lebar daripada setang sepeda motor dan kaki ditaruh di pijakan kaki (footstep) dengan ujung jari menghadap ke depan. Posisi menghadap ke depan ini membuat penumpang lebih waspada terhadap kondisi jalan raya, menjaga keseimbangan dengan baik, dan nyaman selama berkendara.
Semua kembali kepada pengendara itu sendiri gan, menurut PRS sendiri sih peraturan ter-dasarnya adalah sehat dari "dalam" saja gan yakni meliputi helm SNI, ketenangan jiwa dan kesehatan badan.

Tentu ketika Agan dalam kondisi sedih atau marah, Agan tentu kekurangan fokus atau kehilangan kendali dalam memacu motor.

Sekian gan TIPS dari Pagi Racing Sport diadopsi dari sumber luar, ingat gan berkendara aman berarti juga menyamankan hati keluarga Agan yang menunggu dirumah.

Terima kasih sudah membaca artikel PRS.

Selanjutnya
« Post Selanjutnya
Sebelumnya
Post Sebelumnya »