Perhatikan Hal Ini Gan Ketika Mengerem Motor

Perhatikan Hal Ini Gan Ketika Mengerem Motor

Pagiracingsport.com - Memberhentikan laju kendaraan motor itu sama pentingnya menjalankan laju kendaraan motor gan. Keduanya harus saling imbang dan stabil, bayangkan bagaimana rasanya jika motor Agan tahun 80an tetapi rem depan belakang dimodif cakram, rasanya over perlindunganya,

Begitu juga sebaliknya gan, terutama pengguna motor sport nih.

Tetapi ada yang lebih penting dari soal teknis itu gan, yakni sang pengeremnya alias penunggangnya. Terlihat sepele banget memang, cukup tarik tuas rem, begitu saja !!

Tetapi kenyataanya perlu Agan ketahui hal sebagai berikut.

Jenis Motor


Memang betul gan, pengereman sepeda motor umumnya sama. Namun perlakuan khusus pada motor sport perlu perhatian lebih, yakni harus memindah gigi ke lebih rendah (engine break) untuk pengereman yang lebih efektif.

Motor bebek memang juga gan, tetapi mengingat bobot motor bebek lebih ringan jadi engine break mungkin sangat diperlukan ketika keadaan mendesak saja.

Pengalaman


Mengendarai sepeda motor berbeda dengan sepeda, becak atau bahkan mobil. Ketika belajar naik sepeda, tentu rem belakang solusi penghentian laju yang lebih baik namun ini tidak sepenuhnya berlaku pada sepeda motor gan.

Begitu juga pengalaman dijalanan akan membuat Agan semakin presisi dalam mengerem. Hati-hati gan, yang baru fairing remnya dioptimalkan agar tidak terjadi hal yang tidak diigninkan, bayangin motornya difairing kaya gini kalo ada goresan kan eman.

Perlakuan Terhadap Rem

                              

Pada bagian ini, sepenuhnya tergantung kebutuhan pengendara dan kekuatan rem motor. Pastinya menyesuaikan keadaan jalan dan laju kecepatan. Sebagai ilustrasi, pada keadaan siang hari dan jalanan becek akibat hujan tentu berbeda, ketika jalan becek baiknya tidak menekan rem dengan keras, tentu untuk mengimbanginya kecepatan diturunkan.

Penggunaan jari saat mengerem tentu merupakan peranan penting, saat rem sangat dibutuhkan gunakanlah empat jari untuk hasil rem maskimal.

Penting ! Gunain rem depan dan belakang secara bersamaan itu penting, bukan soal pemborosan kanvas rem tetapi keutamaan keamanan.

Penggunaan salah satu rem saja, bukan berarti selalu enak gan, misal rem belakang ketika jalan sedang menurun dan laju kendaraan lambat, dirasa agak kurang nyaman.

Rem depan mendadak ? Siapa takut gan, asalkan sudah berpengalaman dan terlatih dengan benar, mengerem mendadak dengan rem depan bisa aman kok.

Tikungan


Ketika menikung, akselerasi harus ditingkatkan gan agar cengkraman ban depan pada jalan lebih maksimal.

"Jadi kapan gan saat yang tepat ngeremnya ?"

Pengereman dilakukan saat sebelum memasuki tikungan, bukan ketika sedang berada ditikungan, hal ini sangat tidak aman apalagi jika dilakukan pengereman saat motor melaju dengan kecepatan tinggi.

Selanjutnya
« Post Selanjutnya
Sebelumnya
Post Sebelumnya »