Pagiracingsport.com - Rantai dan gir pasangan yang tak terpisahkan dari kendaraan motor ber-tranmisi manual. Benda yang harganya bisa dibilang murah pada motor bebek namun jika tidak diperhatikan kesehatannya bisa membuat perfoma keok atau turun drastis gan.
Gas terasa loyo, pergantian gigi tak nyaman, bahkan bunyi berisik dibagian mesin kiri. Begitulah gan ciri-ciri dasar ada yang tidak sehat dengan rantai atau gir motor Agan.
Pada pos kali ini PRS mau berbagi tips dasar yang sudah tidak asing lagi gan.
Ciri Rantai dan Gear Motor yang Sudah Harus Ganti
![]() |
Sumber : jogjamegaproclub.com |
- Pengamatan yang paling dasar cukup lihat daerah sekitar rantai dan mata rantai. Jika sudah terlihat aus atau ada sesuatu yang janggal, seperti pecah atau kerak. Tentu saja akibat rantai aus akselerasi motor tidak maksimal dan terkadang terasa tersendat-sendat (tarikan gas lambat).
- Saat kecepatan rendah, motor akan mengeluarkan suara aneh dan cukup berisik. Karena rantai kendor maka bisa bergesakan dengan komponen lain.
- Pada gear yang sudah aus. Akan terlihat gompal (tidak rata bentuknya) akan jeruji gear dengan yang lain. Jelas saat motor melaju maka terjadi gesekan yang nggak rata. Efeknya lagi-lagi akselerasi turun dan suara yang tidak enak didengar gan.
- Rantai menjadi sulit di-setting. Jika dikencangkan maka terlalu kencang jika dikendorkan maka akan terlalu kendor. Kasus seperti ini terjadi karena gear dan rantai sudah tidak layak digunakan lagi gan.
- Ketika Agan memutar roda belakang dalam keadaan standar tengah, maka akan terlihat sekali kalau rantai kadang mengencang dan mengendor.
- Pada motor kopling manual. Motor akan terasa meloncat (maju-mundur) ketika menarik tuas kopling. Kasus ini terjadi karena dimensi gear seat dan rantai berbeda (tak sejajar lagi).
Kesimpulan
Cara paling mudah untuk memastikan rantai dan gir sudah tidak prima untuk berkendara lagi hanyalah dengan merasakan kinerja-nya gan. Namun dapat juga didengarkan suara yang cukup berisik muncul dari bagian kiri mesin motor.
Namun jika Agan memiliki waktu luang cukup. Agan bisa melakukan pengecekan dengan memutar perlahan ban belakang dan lihat apakah rantai dan gir benar-benar mulus secara fisik atau sudah ada retak maupun permukaan yang tidak rata lagi.
Namun jika Agan memiliki waktu luang cukup. Agan bisa melakukan pengecekan dengan memutar perlahan ban belakang dan lihat apakah rantai dan gir benar-benar mulus secara fisik atau sudah ada retak maupun permukaan yang tidak rata lagi.
Saran dari PRS jika kondisi fisik masih terlihat bagus, sebaiknya bawalah ke bengkel kepercayaan Agan atau bengkel resmi untuk dilakukan penyetelan rantai dan gir agar tidak sia-sia membeli jika yang lama masih layak guna.
Akhir kata, terima kasih gan / sist sudah mampir di blog PRS.
Semoga bermanfaat :)
Konversi KodeConversion EmoticonEmoticon