Ciri Ciri Motor Harus Turun Mesin


Pagiracingsport.com - Serajin-rajinnya Agan perawatan rutin motor kesayangan Agan, tetap saja pada akhirnya segala sesuatu tidak ada yang abadi.

Ada kalanya, proses turun mesin harus Agan alami, entah itu belasan tahun lagi (jika Agan rutin tiap bulan servis dan ganti oli).

Jelas gan, turun mesin terjadi karena komponen atau part mesin yang sudah aus atau habis masa gunanya.

Pastinya Agan perlu tau ciri-cirinya agar selalu aman dalam berkendara dan tetap merasa tenang jika sudah timbul gejala.

4 Gejala Sepeda Motor Agan Siap Turun Mesin

  1. Mesin sama sekali tidak ada tanda kehidupan atau tidak mau menyala

    Pada kondisi yang terparah, mesin sama sekali tidak menyala karena ada satu komponen yang sudah rusak sama sekali. Part-part berikut yang jadi masalah (saat kondisi terparah), stang piston, poros engkol, gear box, dan lain disekitar part tersebut.

    Karena kerusakan ini sudah tergolong parah, tentu tidak sembarang orang bisa memperbaikinya. PRS rekomendasikan langsung ke bengkel resmi agar memperoleh hasil yang pasti dan bergaransi.

    Umumnya masalah kecil seperti part busi-pun yang jadi masalah membuat motor tidak mau hidup, untuk aman-nya memang selalu wajib serviskan dibengkel resmi.

    (Baca : Tanda-tanda busi hampir mati)
  2. Asap knalpot terlihat jelas atau berwarna putih (ngebul)

    Ketika motor dalam keadaan dingin atau pagi hari Agan menghidupkan motor lalu terlihat jelas keluar asap putih dari knalpot, ini patuh diperhatikan gan.

    Umumnya dikarenakan ring piston mengalami kerusakan, akibatnya oli masuk keruang pembakaran dan tercampur.

    Caranya mintalah bengkel mengganti ring piston lalu piston-nya.

    Untuk waktu selanjutnya, motor Agan PRS rekomendasikan berlari dengan kecepatan menengah saja alias jangan buat kebut-kebutan.
  3. Suara berisik pada daerah katup

    Penyebab umumnya adalah noken as sudah aus (habis masa pakai) atau setelan-nya yang terlalu longgar. Tidak menutup kemungkinan juga rantai sudah longgar dan perlu di set ulang.

    Jika Agan sudah mengalami hal ini, segeralah lakukan penyetalan ulang pada bagian yang tidak beres, maka Agan sudah menghemat biaya untuk servis yang lain-lain akibat terlambat mengetahui masalah intinya.

  4. Oli bocor

    Terkadang beberapa pengendara oli menetes dianggap hal lumrah, karena pikirnya oli kan isinya banyak. Benar namun bayangkan jika sehari menetes 20x tetes (anggapan kasar, 10ml) maka dalam kurun waktu 30hari maka oli motor Agan sudah lenyap 300ml belum lagi jika dikurangi penggunaan ke-mesin atau penguapan karena oli terlalu encer.

    Penyebab umumnya adalah gasket atau parepack sudah harus diganti.

    Untuk hal satu ini cukup fatal juga, jadi harus segera diperbaiki.

    Karena jika oli sampai habis, maka mesin bekerja tanpa adanya pelumas dan akibatnya mesin cepat sekali aus dalam waktu singkat.

    Jika hal ini sering terjadi pada motor Agan, turun mesin setengah (tidak total) boleh dilakukan untuk pengecekan saja,

    Ingat juga, pastikan bengkel tempat Agan mengganti oli untuk selalu mengencangkan penutup oli sehabis dilakukan penggantian.

Nah, ciri-ciri turun mesin sebenarnya dapat disingkat tiga gejala yakni, tenaga akselerasi lemah, boros bahan bakar, dan suara mesin berisik.

Tenang saja gan, turun mesin adalah hal yang lumrah dalam dunia otomotif karena umur sparepart yang sudah waktunya diganti.

Berikut gan komponen inti yang biasanya diganti saat turun mesin :
  • connecting rod kit (stang sekher / stang piston)
  • bearing crank saft (bering as kruk)
  • oil seal
  • piston kit (terdiri dari piston, ring piston,pin piston, clip pin piston)
  • cam chain (rantai camrat atau rantai keteng) khusus motor 4tak
  • valve (klep) khusus motor 4tak
  • bubut cylinder block /kolter / over size
Sekarang Agan akhirnya mulai memahami dasar-dasarnya tentang turun mesin motor.

Akhir kata, terima kasih gan sudah mampir di blog PRS :)
Selanjutnya
« Post Selanjutnya
Sebelumnya
Post Sebelumnya »

Konversi KodeConversion EmoticonEmoticon

:)
:(
=(
^_^
:D
=D
=)D
|o|
@@,
;)
:-bd
:-d
:p
:ng