Pagiracingsport.com - Kesuksesan Yamaha dengan N-MAX nya ternyata tidak membuat Yamaha lalu "malas" membuat inovasi lain dan berharap hanya pada moge matic andalannya tersebut.
Kini Yamaha Aerox 155 yang hadir dengan optimasi dan pemutakhiran yang makin futuristik memanjakan dan meningkatkan efisiensi para penggunanya.
Rupannya ajang MotoGP 2016 ini yang dilakukan di sepang, dimanfaatkan oleh Yamaha untuk momen peluncuran Aerox ini dan ada pula event International Motor Show yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center.
Launching Aerox 155 cc ini rupa-rupannya bakal jadi titik balik dunia motor matic setelah kehadiran NMAX juga yang lebih mengutamakan konsep futuristik dengan tetap mengutamakan finishing sporty.
Hadir dengan 3 varian berbeda yakni standard, R-version, dan S-version.
Oke sekarang PRS tunjukin langsung spesifikasi lengkapnya baru kita jabarkan satu-satu.
Spesifikasi Aerox 155 cc
Yamaha Aerox 155
| |
Dimensi | |
Panjang X Lebar X Tinggi | 1.990 mm x 700 mm x 1.125 mm |
Tinggi Tempat Duduk | 790 mm |
Jarak Sumbu Roda | 1.350 mm |
Jarak Terendah Dari Tanah | 140 mm |
Kapasitas Tangki Bahan Bakar | 4,5 liter |
Mesin | |
Tipe Mesin | Liquid cooled 4 Stroke, SOHC, VVA (Variable Valve Actuation) |
Volume Silinder | 155 cc |
Sistem Suplai Bahan Bakar | Blue Core (Fuel Injection System) |
Gigi Transmisi | V-Belt Automatic |
Power maksimum | 14.8 HP /8000 rpm |
Torsi maksimum | 14.4 Nm/6000 rpm |
Rangka | |
Tipe Suspensi Depan | Telescopic |
Tipe Suspensi Belakang | Sub-tanks type |
Rem Depan | Single disc brake (ABS) |
Rem Belakang | Tromol |
Ukuran Ban Depan | 110/80-14M/C 53P |
Ukuran Ban Belakang | 140/70-14M/C 62P |
Fitur | |
Lampu | LED |
Penghematan | SSS (S-Version) |
Keamanan | Keyless start (Immobilizer dan Answer Back System) (S-Version) |
Gaya Body Aerox 155 cc
Semua kecanggihan masa depan dan konsep sporty premium sudah teringkas menjadi satu dalam Aerox 155 ini.
Konsep lighting full led, body dengan lekukan yang ekslusif langsung didesain oleh insinyur Yamaha dan yang paling "mematikan" adalah konsep "X" yang sangat kental pada Aerox ini, terutama pada bagian depan.
Betul-betul eXtraordianry, kenapa tidak ?
Dengan penyimpanan bagasi seluas 25 liter yang dapat menyimpan satu helm full-face, mantel, jaket, dan beberapa barang lainnya, sangat-sangat memuaskan calon pembeli nantinya.
Dengan penyimpanan bagasi seluas 25 liter yang dapat menyimpan satu helm full-face, mantel, jaket, dan beberapa barang lainnya, sangat-sangat memuaskan calon pembeli nantinya.
Juga dimanjakan dengan tangki bahan bakar mencapai 4,5liter, mengingat juga didukung teknologi blue-core, pasti efisiensi bahan bakar bakal nggak ada matinnya.
Kebayang ? 4,5 liter BBM bisa untuk jarak berapa jauh ?
Pantau Keadaan Aerox 155 langsung dari Speedometer
Dengan layar LCD 5,8 inch yang menampilkan Multi Information Display.
Semua terpapar all-in-one pada satu layar tersebut.
- RPM Meter
- Jam Digital
- Konsumsi BBM rata-rata dan real-time
- Trip meter
- Odometer
- Indikator aki
- Sisa bahan bakar
- Indikator VVA (Variable Valve Actuation)
Kini Agan-Agan yang merasa sebagai calon pemilik dan pemilik Aerox, merasa pintar banget kan setelah menunggang matic besutan yamaha ini, Agan bakal lebih mengenal bagaimana cara kerja komponen motor secara dasar.
Rangka Body Underbone
Dikenal sebagai rangka untuk motor matic yang kuat namun dengan bobot ringan. Jelas sangat mendukung hasil akhir, sehingga Aerox 155 ini terlihat besar dan sexy namun tetap memiliki bobot yang mudah untuk bermanuver ria bagi semua kalangan.
Dengan dimensi motor, panjang 199,90 cm, lebar 70 cm dan tinggi 112,5 cm.
Juga dengan bobot total 116 kilogram serta jarak sumbu roda hingga 135cm, jelas dengan konsep body seperti itu bakal menjadi model motor matic yang "out-of-the-box" pada era sekarang ini dan terbilang raksasa dibawah NMAX.
Serta, ketinggian ground clearance 14cm dari aspal yang membuat motor matic ini terlihat nyaman ketika banyak melewati polisi tidur yang tinggi dan bebatuan besar, tentunya nggak terlihat ceper.
Bermesin SOHC, Berteknologi VVA (Variable Valve Actuation)
Jangan remehkan motor matic ini.
Kuda besi satu ini mampu mencapai tenaga maksimum 14,8 HP (horse power) pada putaran mesin 8.000 rpm dan titik tertinggi torsi 14,4 Nm (newton meter) pada 6.000 rpm.
Tenaga yang powerfull tersebut berkat kehadiran VVA.
Lalu VVA bertugas menyalurkannya ke V-Belt Automatic yang siap membuat tarikan motor matic ini sekelas motor sport.
Nggak ketinggalan juga, teknologi blue core andalan Yamaha yang membuat bahan bakar semakin irit dibalik kekuatan mesin yang powerfull tersebut.
Optimasi Starter : SMG (Smart Motor Generator) adalah ....
Salah satu teknologi yang diperkenalkan Yamaha pada motor barunnya tersebut.
Lalu, apakah SMG itu ?
Teknologi mutakhir, yang mengkombinasikan generator pengisian dan dinamo starter mesin, hebatnya lagi tanpa swing back.
Cara kerjannya memanfaatkan arus yang berlawanan arah.
Saat difungsikan sebagai penghidup mesin, generator berfungsi memutar mesin dengan memberi arus berlawanan. Dengan SMG-lah starter konvensional sudah dicekal dari Aerox 155 si skuter mutakhir ini.
Begitu juga dengan SSS (Stop and Start System) yang adalah peningkatkan efisiensi bahan bakar pada tingkat yang lebih tinggi lagi.
Selamat Tinggal Kunci Motor Panjang : Smart Key System (SKS) adalah....
Hanya terdapat pada varian tertinggi dari Aerox 155, yakni Aerox 155 cc S-Version (versi tertinggi).
Disematkan fitur yang canggih nan terlihat masih sangat baru ini yakni smart key system yang membuang konsep lama penggunaan kunci motor.
Hanya berbentuk sebuah gantungan dan terdapat tombol.
Dengan SKS, tentu Aerox S-Version sangat kebal dari pencurian dan dilengkapi juga dengan Answer Back System yang dapat menemukan motor ketika diparkiran yang padat.
Bagaimana cara kerjanya ?
Pastikan jarak kunci dengan kontak, dibawah 1,2meter. Lebih dari itu motor tidak bisa menyala.
Jika SKS dengan jarak yang memungkinkan mesin dihidupkan, maka pencet knop (ada pada gambar diatas). Maka pada layar speedometer pada bagian kiri-bawah akan muncul logo kunci yang artinya motor siap dihidupkan.
Setelah SKS terdeteksi, knop bisa diputar pada bagian open untuk membuka jok dan untuk mengisi bahan bakar. Cukup tekan tombol seat untuk membuka jok dan fuel setalahnya, untuk tangki.
Untuk menghidupkan mesin, putar sekali lagi ke kanan (ON), juga disertai layar speedometer menyala maka mesin siap starter dan tombol starter akan menyala.
Tenang, akan muncul suara tanda peringatan bahwa mesin masih menyala.
Oiya, untuk answer back system jarak radius hingga 20meter, untuk memudahkan menemukan motor diparkiran yang padat. Tinggal tekan tombolnya dan "itu dia motor ane disana".
Khusus Varian Aerox R-Version
Adannya penambahan cakram depan "Wave-Type Disc Brake" ukuran 23cm, ditambah suspensi (shock-breaker) subs-tank warna emas.
Yamaha berani mengklaim, R-Version makin stabil saat posisi menikung.
Electric Power Socket
Hmmm... Mana mungkin jaman sekarang ninggal gadget dirumah kalau lagi berpergian, memang jaman telpon masih menggunakan kabel ? Ha-ha-ha....
Aerox juga dilengkapi dengan socket charger internal gan, yang siap untuk mensuplai tenaga gadget mu disepanajang perjalanan.
Penampakan Varian Aerox 155 cc
Standard Version
R-Version
S-Version
Video Review Yamaha Aerox 155 CC
Nggak ketinggalan juga versi visual bergeraknya biar bikin Agan-Agan makin geregetan keburu beli ni motor powerfull.
Akhir Kata
Apapun motor gan-sist kita tetep satu saudara-satu aspal ya gan-sist :D
Terima kasih banget gan-sist udah mampir ke blog PRS yang sederhana ini, sering-sering mampir ya :)
Konversi KodeConversion EmoticonEmoticon