Pagiracingsport.com - Pernah kepikiran pasti kan gan untuk coba servis motor rutin sendiri.
Banyak alasanya untuk mencoba hal tersebut kan gan. Mulai dari waktu mengantri yang lama bahkan sampai pengalaman yang tidak menyenangkan saat melakukan servis rutin di bengkel kesayangan.
Karena jika dirasa-rasa juga, cukup menghemat waktu (jika sudah terbiasa), biaya dan lumayanlah menambah pengalaman.
Servis motor sendiri-pun tidak segampang yang Agan pikirkan, perlu beberapa aspek utama sebagai acuan dasar agar motor benar-benar terawat.
Cara dasar servis motor injeksi, motor matic, bahkan motor sport pun kurang lebih sama.
Silahkan disimak sampai habis gan :)
- Periksa dan Ganti Oli (Pelumas Mesin)
Penambahan oli perlu dilakukan bila volume oli sudah dirasa berkurang drastis namun tingkat kejernihan masih dalam batas normal.Namun, lebih disarankan mengganti dengan oli yang baru karena pasti lebih terjamin dari segi perfoma, ketahanan dan terhindar dari ketidak-cocokan campuran dengan oli yang sebelumnya.Sesuaikan oli dengan karakter mesin motor Agan juga, lebih baik lagi kalau menggunakan oli sintetis yang lebih handal soal perfoma melindungi dan melumasi mesin motor. - Periksa Filter Oli
(motor model sport, menyatu dengan tutup pembuangan oli) (motor bebek, dilakukan dengan membuka right crankcase)
Pembersihan saringan oli merupakan langkah dasar namun penting karena menyangkut umur mesin motor Agan.
Bayangkan, ketika oli mesin Agan kotor dan udah nggak layak pakai, mesin motor jadi cepat panas dan gesekan antar mesin semakin kasar, Agan tau lah apa yang terjadi. - Periksa dan Atur Kopling
Pada motor sport, atur jarak 1-2cm Tinggal putar saja mur pengatur kopling dengan obeng yang pas - Stel Klep Motor Sendiri
- Lakukan pada saat kondisi mesin dingin
- Pelatuk klep harus bebas biasanya jarak clearance bebas untuk motor bebebk adalah 0.05 mm
- Piston berada pada posisi TMA pada langkah (step) kompresi
Cara atur tingkat renggang katup :
longgarkan mur pengikat -> longgarkan mur penyetel -> masukkan fuller gauge -> atur mur pengatur -> kencangkan mur pengikat
- Bersihkan dan Mengatur Karburator
Lepas dan bersihkan karburator secara total dengan kuas, sikat, dan gunakan kompressor untuk pembersihan pada lubang-lubang dan celah sempit. - Membersihkan saluran bahan bakar
Pastikan semua pipa tipis atau saluran yang menghubungkan langsung ke bahan bakar bersihkan dengan sempurna. Gunakan kompresor agar pembersihkan maksimal.
Terkadang pada kasus motor injeksi mati, injektor mengalami penyumbatan, karena penumpukan kotoran pada saluran bahan bakar.
-
Periksa jarak kerenggangan pengapian pada busi, biasanya pada bebek 0.6 – 0.7 mm dan pada motor sport 0.8 – 0.9 mm
- Membersihkan dan Melumasi Rantai
- Bersihkan rantai roda dari kotoran menggunakan minyak pembersih atau parafin dan segera keringkan.
- Bersihkan rantai dengan O Ring menggunakan deterjent, keringkan.
- Lumasi dengan minyak pelumas SAE 80 atau 90.
Dan... Atur jarak kerenggangan rantai gan. - Periksa dan Atur Ulang Rem
Cek Kesehatan Rem (tromol)
Cek Kesehatan Rem (Cakram) - Periksa Tekanan Udara Ban
- Periksa Suspensi (Shock Breaker) Depan-Belakang
- Periksa Kondisi lampu utama, sein, belakang (stop) dan klakson
- Cek Kondisi Aki / Penambahan Air Aki (pada aki basah)
- Periksa Radiator Udara (pada motor sport)
- Penambahan Minyak Rem
- Pengaturan Putaran Gas Tangan
- Pemeriksaan Kenyamanan Stang Kemudi
- Kencangkan Baut-Baut pada sekujur body motor Agan
Kesimpulan
Pembenahan dan melakukan perawatan motor secara mandiri mungkin sesuatu yang menyenangkan dan greget banget gan, mengingat juga pasti hasilnya bisa dimaksimalkan dan pengaturan bisa diatur sesukannya.
Namun perlu pengamanan yang mumpuni dan pemahaman yang cukup juga gan untuk memastikan proses pengerjaan benar-benar lancar dan percaya diri.
Namun perlu pengamanan yang mumpuni dan pemahaman yang cukup juga gan untuk memastikan proses pengerjaan benar-benar lancar dan percaya diri.
Akhir kata, terima kasih sudah mampir gan di blog PRS ini.
Konversi KodeConversion EmoticonEmoticon