Perbedaan Jenis-Jenis Helm



Pagiracingsport.com - Breaking News !!!

Ingat ini gan, helm yang baik adalah helm yang aman dan bikin Agan merasa nyaman ketika berkendara, karena Agan berkendara hampir sepanjang hari bukan ?

(Wah klise banget gan hahaha...)

Kali ini PRS, berbagi soal bentuk-bentuk helm yang sudah di akui secara universal dan berbagai bentuknya mempunyai keunikan dan daya tariknya tersendiri gan dan yang nggak kalah penting tingkat keamanannya !

Helm yang penuh gaya ......
Oke-oke aja lah gan menurut PRS sekedar untuk gaya bukan untuk balap (yang bukan full face).

Untuk kualitas dan bahan dasar, umumnya produksi helm sekarang sudah memiliki SNI, memang sih tidak semua berstandar USA, DOT (Departemen Of Tranportation). Mengingat produksi harga yang lebih tinggi.

Jenis-Jenis Helm

Helm Flip-Up


Mulai dari yang "terlangka"dulu gan.

Helm flip-up adalah versi modular dari helm full face. Perbedaanya jelas, terletak pada penutup full-face, mulut dan dagu yang bisa di naikan. Fungsinya jelas gan, memudahkan aktifitas rokok, minum, makan, bahkan hingga menjawab telpon lebih mudah tanpa melepas helm.

Helm ini terlihat lebih besar juga gan dari helm full face.

Bentuknya yang keren, layaknya seorang ranger, patut dicoba deh buat Agan-Agan rider kelas "berat"yang mau tampil anti-mainstream.

Helm Full Face


Helm khas para rider bermotor sport CC tinggi ini, prioritas banget dalam segi keamanannya. Walau terlihat panas dan pengap karena sebagian besar tertutup, tapi produsen helm tetap jeli membuat ventilasi yang lebih kerasa dingin-nya, memang tidak semua.

Salah satu kelebihannya sangat aman jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Namun kemudaha, efisiensi dan kenyamanan perlu dikorbankan gan.

Yak, kalau yang ingin tetap full-face namun bisa dibuka, coba kembali ke helm nomor satu.

Helm 3 / 4 modular atau Half Face

Entah sebutan tepatnya apa, mungkin lebih akrab disebut helm standar hehehe...

Helm paling mainstream se-antoro Indonesia ini ternyata merupakan helm yang paling banyak variasinya karena sudah dijadikan standar sejak lama, helm model ini sangat layak dijadikan ladang bisnis yang manis bahkan hingga ajang pameran seni helm, biasanya airbrush.

Helm yang bener-bener ber-standar keamanan ini, sudah lebih dari cukup melindungi batok kepala kita dari gegar otak, walau muka bagian depan masih terbuka.

Setidaknya kaca mika plastik transparant sudah lumayan lah mengurangi gangguan seperti angin dan debu.

Helm Half Face


Helm yang kayanya lumayan sedang naik daun dikalangan anak muda sekarang, karena style retro nan klasik yang bikin tampil antik. Biasanya penunggang motor hasil modifiaksi gaya jepang gan.

Terutama moge (motor gede).

Kacamata googles atau sejenisnya mungkin solusi salah satunya pelindung mata dikala hujan lebat atau melakukan perjalanan offroad.

Keren betul gan, solusi yang ingin gaya maksimal tapi meminimkan keamanan hahaha...

Helm Catok / Shorty Helmet


Helm yang amat simpel. Cukup menutupi kepala saja namun bener-bener nyaman gan untuk digunakan sekedar jalan-jalan atau refreshing di daerah pantai dan perbukitan.

Soal keamanan sendiri, PRS nggak perlu jawab...

Dibeberapa negara helm ini masih umum digunakan, terutama negara yang minim kendaraan. Untuk di Indonesia sendiri helm ini sudah dilarang, dahulu sempat jadi legendaris juga dan harganya sangat murah meriah, jatuh - pecah - beli baru.

Bentuknya bisa disebut juga menyerupai helm sepeda gan hanya sedikit lebih besar dan solid.

Helm Predator


Helm sangar satu ini menurut PRS cukup jarang dijumpai dijalan. Karena harganya yang mendekati 1juta. Juga bentuk-konsep-nya yang garang menyeramkan, mungkin membuat pria berpikir 2x menggunakan helm ini, karena mungkin tidak akan dilirik wanita.

Tidak hanya itu secara dilihat, rasanya helm ini juga tidak nyaman.

Namun soal style, helm ini sangat memukau. Pasti membuat beberapa pengedara lainnya sedikit gemetar.

Kalau Agan tau, helm ini diliat sekilas mirip karakter Darth Vader pada film Star Wars, ya hanya konsepnya yang mirip.

Akhir Kata

Helm apapun yang Agan pakai itu pilihan Agan. Namun PRS merekomendasikan dahulukan dan utamakan keamanan Agan, karena keluarga dirumah menunggu.

Memang soal style, beberapa orang rela mempertaruhkan banyak sisi, hingga keamanan.

Untuk dari segi harga, tak perlu di khawatirkan gan, karena sebagian harga yang lumayan mahal lebih unggul dari sisi desain dan finishing belaka.

Helm SNI, berkisar 100ribuan sudah dirasa cukup gan.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk mengingatkan Agan :)

Terima kasih sudah mampir gan.
Selanjutnya
« Post Selanjutnya
Sebelumnya
Post Sebelumnya »