Tips Meringankan Tarikan Motor


Pagiracingsport.com - Tampang motor Agan boleh gagah (abis pasang fairing PRS ceritanya) tapi perfoma kurang bandel atau dirasa nggak pantes karena baju motor udah killer tapi perfoma ceper. Dikalangan modifikator mungkin lebih keras lagi gan soal perfoma, mereka rela menelanjangi motor mereka demi meringankan bobot dan mendapat perfoma tertingginya.

Kali ini PRS akan bagikan beberapa tipsnya gan, tapi ingat gunakan tipsnya dengan bijak dan sayangi motor Agan.

  1. Menambah tenaga listrik

    Standar pabrikan motor, tegangan listriknya hanya di set pada angka 6volt saja. Agan bisa men-settingnya menjadi lebih tinggi atau katakan saja 12volt. Dengan demikian laju motor seakan bisa lebih ringan dan lampu-lampu menyala lebih terang.

    Namun dibalik itu, Agan tau kan dampaknya untuk cara pertama ini ?

  2. Ganti roda gigi

    Dengan mengganti roda gigi belakang dengan ukuran yang lebih kecil dan ringan maka kecepatan motor akan menjadi lebih seimbang dalam setiap transmisinya, namun pastikan Agan sudah paham betul teknik dan dampak setelah penggantianya karena jelas tarikan pasti ringan tetapi kenyamanan bisa jadi dipertaruhkan.
  3. Memperluas lubang pembilasan

    Luaskan pembilasan karena campuran gas dan udara yang masuk ke ruang pembakaran cukup berpengaruh pada tenaga motor. Semakin banyak gas yang masuk maka semakin baik pula kepadatan gas sehingga kompresi jauh lebih meningkat. Namun perluasaan lubang pembilasan harus pada batas normal, artinya jangan memperluas lubang pembilasan terlalu lebar karena hal ini justru bisa membuat mesin rusak.
  4. Mengurangi volume ruang pembakaran

    Langkah kedua kurangai volume , Jika motor Agan memiliki kompresi yang tinggi, ini bisa berpengaruh pada kecepatan motor dan tenaga yang dihasilkan. Untuk itu perlu meningkatkan kompresi pada ruang bakar. Hal ini bisa dilakukan dengan cara meng-gerinda silinder sehingga kompresi akan jauh lebih meningkat.
  5. Kurangi berat piston

    Agan bisa mengurangi berat piston sebab kadangkala ni gan berat piston membuat mesin bekerja lebih ekstra. Dengan mengurangi berat piston, mesin motor akan bekerja lebih ringan dan laju motor semakin cepat.
Terakhir, cara-cara diatas tidak semuanya dapat diterapkan pada semua jenis motor terutama motor matic yang secara mesin sudah dirancang sedemikian rupa oleh pabrik. Untuk itu, ane sarankan Agan yang beneran berminat bisa konsultasikan dengan bengkel terpercaya dan berjiwa modifikator, jelas bukan bengkel resmi gan yang ane maksud.


Selanjutnya
« Post Selanjutnya
Sebelumnya
Post Sebelumnya »