Pagiracingsport.com - Masih seputar per-busian nih gan, serial artikel busi PRS nih gan ceritanya. Bagi pembaca baru, ane saranin baca Berapa Lama sih Ketahanan Busi itu ? dan Ininih Tanda-Tanda Busi Hampir Mati sebagai pembangkit gairah Agan untuk bersihin busi saja sebenarnya.
Ibarat manusia, busi sudah bekerja keras menyalurkan percikan api. Akibatnya ? Tentu gan kepala busi sering kotor gara-gara sisa pembakaran tersebut. Kalau sudah begitu, pembersihanlah solusinya atau jika Agan-Agan suka praktis, langsung ganti boleh juga ???
Buat apasih gan dibersihkan segala ? Kalo dibiarkan nanti sisa pembakaran tersebut akan menjadi kerak dikepala busi tentu akibatnya kinerjanya turun gan dan efeknya sudah kita bahas sebelumnya. Jadi tujuanya supaya menjaga kualitas dan perfoma si busi dalam melakukan pengapian.
Pembersihan busi juga ada caranya dan aturan yang wajib, salah satunya yakni saat akan membersihkan atau mengganti busi kondisi mesin harus dalam keadaan dingin. Hal ini untuk mencegah memuainya ulir (drat) busi pada silinder head, karena kalau tidak akan rusak.
Tunggu dulu gan ! Sebelum lanjut ane juga akan siapin video yang ambil dari youtube, karena tulisan saja ane rasa tidak cukup bagi yang masih baru tau soal ini.
Tunggu dulu.. Ada yang belum tau apa itu busi ? Sima ini dulu
(Contoh Cara bersihkan busi. Video by MotorRev)
Langkah-Langkahnya
- Sebelum melepas busi bersihkan terlebih dahulu dudukannya menggunakan udara bertekanan.
- Gunakan kunci khusus untuk busi pada saat membuka busi dari dudukannya
- Pastikan tidak ada kotoran yg masuk ke dalam ruang bakar melalui lubang busi pada saat busi di buka,
- Bersihkan busi memakai “sikat kawat”/pembersih khusus.
- Ujung kutub positif busi harus tegak lurus, dan kutub negatifnya mempunyai ketebalan yang konstan.
- Jarak renggang busi : Standar renggang busi antara 0,60 mm sampai 0,70 mm untuk motor SMH sekarang 0,90 mm.
- Busi dianggap baik apabila percikan bunga apinya konstan pada satu titik, dan apinya berwarna biru.
- Kencangkan busi dan putar soket menggunakan tangan terlebih dahulu sampai gasket busi mencapai kepala silinder. Kencangkan busi sesuai dengan torsi yang ditentukan BPR. Apabila tidak menggunakan torsi kencangkan busi menggunakan kunci busi 1/8 – 1/4 putaran setelah gasket busi mencapai kepala silinder.
Konversi KodeConversion EmoticonEmoticon