Akhirnya gan SIM Khusus Moge Berlaku Awal 2016

sim khusus moge awal tahun 2016

Pagiracingsport.com - Tahun baru aturan baru nih gan dalam dunia perlalu-lintasan, seperti yang PRS tulis pada posting sebelumnya, Kabar HOT Buat Bikers, Ada Jenis SIM Baru.

Kali ini ane lanjutkan tapi mengutip artikel dari luar sumber yah gan.

Berikut seperti diulas oleh otomotif.net.

" Jakarta - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Mabes Polri menyatakan bahwa SIM khusus moge akan diberlakukan pada tahun depan. Persisnya adalah pada triwulan pertama 2016. “Iya mulai berlaku 2016, perkiraan pada bulan April 2016,” tegas Kombes Pol Unggul Sedyantoro, Kepala Bagian Keamanan dan Keselamatan, Korlantas Mabes Polri.
Lantas apa definisi SIM khusus moge yang dimaksud?

“SIM khusus moge yang dimaksud adalah membuat jenis SIM baru. SIM C akan dibuat 3 macam, SIM C itu adalah SIM yang berlaku sekarang, SIM C1 untuk motor berkapasitas 250 cc sampai 500 cc dan SIM C2 untuk motor berkapasitas 500 cc keatas,” bebernya, ketika ditemui (3/12).

Kemudian kalau pemilik memiliki dua motor dengan kapasitas mesin berbeda, apakah harus memiliki dua SIM yang berbeda?

“Nah itu yang masih kita rumuskan. Apakah akan diatur seperti SIM A yang beralih ke SIM B, maka otomatis SIM A masih tetap berlaku. Nantinya akan dirumuskan bagaimana idealnya,” lanjut Kombes Pol Unggul.

“Sedang dirumuskan, makanya tidak langsung di Bulan Januari, targetnya pada triwulan pertama 2016,” jelasnya kemudian saat ditanyakan apakah mekanisme penerbitannya harus melampirkan STNK-nya serta membawa unit motornya
Apakah ada perbedaan biaya penerbitan SIM nantinya?

“Iya jelas biayanya berbeda. Karena motornya (kapasitas mesinnya) berbeda. Sehingga biaya PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) dan lainnya akan berbeda pula,” jawab pria ramah ini. Harryt (Otomotifnet.com) " Sumber

Gimana nih pemilik moge-moge komentarnya ? Setuju atau menentang atau netral-netral aja ?
Kalo dari ane sendiri SIM khusus moge boleh juga, mengingat motor tersebut terlihat "langka" dijalanan maka harus diberi perlakuan "spesial" pula.
Selanjutnya
« Post Selanjutnya
Sebelumnya
Post Sebelumnya »