Pagiracingsport.com - Jalan-jalan di dunia maya eh PRS nggak sengaja nemu beginian gan...
Agan kaskuser yang nge-review berbagai merk lampu halogen untuk motor + dijelasin pula perbedaannya gan dan penjelasan lainnya.
Pastinya hal beginian bakal membuat Agan lebih teliti ketika membeli lampu halogen untuk kegunaan sehari-hari.
Mari di simak gan detailnya 👍
100% mengutip dari kaskus dan sedikit penyempurnaan tulisan serta tanda baca.
( credit by kaskuser Agan Karbonsurya )
Sesuai judul saya akan sedikit memberi tips memilih beberapa lampu halogen buat bikers yg sering riding malam hari or hobi touring.
Di pasaran ada sangat banyak merk tetapi yg saya share dan pernah saya coba di motor mio,seperti..
Aspira,Osram,Wurth,Sparkle,Apexer (autovision),Phillips




osram silverstar



Info lebih lengkap tentang OSRAM cek page 102 (from suhu Diesel Power)
Saya sudah pernah coba 2x umurnya pendek di hi beam nya.kisaran harga 95.000




wurth below yellow

















*cek pict gan di pinggir2 beam spot nya ada bias cahaya orange, cocok buat ujan tu gan



(yg kiri palsu gan)



congkel pke obeng (-) salah satu ujung yg ada pengait ke body fitting sampe lepas kedua pengaitnya

setelah terlepas putar 180 derajat, ampe ke2 pengaitnya bertukar posisi..
pasang kembali sma sprti cra ngelepasnya...
wallaaa,hi low beam nya dh ngikut saklar,ga ketuker lgi
Relay berguna untuk mencegah saklar meleleh apabila kelistrikan lampu sudah fullwave.

1. Jari tangan kita selalu meninggalkan sidik jari berupa lapisan lemak tipis.
2. Lapisan lemak yang menempel pada kaca lampu halogen membuat suhu permukaan kaca lebih dingin dibanding permukaan kaca yang lain. Hal ini karena lemak tadi pada suhu yang sangat tinggi akan melebur menyatu dengan kaca yang berbahan dasar Quartz sehingga koefisien muainya menjadi berbeda dengan bagian yang bersih. Jika perbedaan koefisien muainya sangat besar, bisa menyebabkan kaca pecah.
3. Akibat perbedaan suhu cackle di atas, proses siklus halogen tidak dapat bekerja sempurna.
4. Semakin banyak uap tungsten yang terkondensasi pada kaca lampu, tepatnya pada bagian kaca yang lebih dingin (ada lemak). Bagian tersebut biasanya akan menjadi berkabut hitam, abu-abu atau putih.
5. Akhirnya lampu menjadi cepat putus, akibat filamen tungsten yang cepat menipis karena menguap.

Demikian share dari saya dan mohon ditambah jika juragan punya pengalaman seputar lampu halogen motor, semoga berguna buat juragan yg pengen meningkatkan performa lampu tanpa ubahan neko2.
Jika ada yg kurang silahkan ditambahin gan,saya siap terima saran2 dan masukan yg membangun untuk thread ini.
Terimakasih
Keep Safety Riding Brothers
( credit by kaskuser Agan Karbonsurya )
Ini Dia Perbandingan Merk Lampu Halogen yang Beredar di Indonesia
Sesuai judul saya akan sedikit memberi tips memilih beberapa lampu halogen buat bikers yg sering riding malam hari or hobi touring.
Di pasaran ada sangat banyak merk tetapi yg saya share dan pernah saya coba di motor mio,seperti..
Aspira,Osram,Wurth,Sparkle,Apexer (autovision),Phillips
1.Aspira
Lampu halogen dengan daya 35w ini lebih terang daripada standarnya untuk hi/low beam normal hanya tersedia warna standar (kaca bening) kisaran harga 25.000
2.Osram
Untuk Osram 35/35 saya pakai yg all season (kuning) hasilnya cukup memuaskan cahaya jauh diatas Aspira terang fokus,kekurangan nya hi/low beam terbalik.
Osram tersedia warna biru,kuning dan kaca bening.kisaram harga 30.000
Osram kardusan harga +-12.000 an
Osram kardusan harga +-12.000 an
25w x 2 full wave shogun sp



Osram All season

osram silverstar

Osram NBR+


Info lebih lengkap tentang OSRAM cek page 102 (from suhu Diesel Power)
3.Wurth
Lampu dari jerman ini untuk intensitas cahaya nya diatas lebih terang dari merk Osram, kekurangan hi/low beam terbalik,dan saya rasa kurang awet di hi beam nya,tersedia warna biru kuning.Saya sudah pernah coba 2x umurnya pendek di hi beam nya.kisaran harga 95.000



wurth below xenon

wurth below yellow
light off

low beam

high beam

4.Sparkle
Bohlam Sparkle saya pernah coba super white xenon sinar nya imbang dengan merk Aspira tetapi kebiruan,hi/low beam normal seperti standarnya,kisaran harga 45.000
5.Apexer
Saya coba yg warna biru 5000k hasilnya biasa saja seperti lampu standar motor tetapi kebiruan,hi/low beam normal seperti standar,tersedia warna biru pelangi kuning kisaran harga 30.000.
6.Phillips
Phillips terus terang memang terang gan hi/low beam standar normal ga kebalik,tersedia warna standar dan biru.kisaran harga 50.000

Phillips Blue vision

Low beam

High beam

Phillips Extreme Vision H4 55/60w


Phillips EV Low beam

Phillips EV Hi beam

Phillpis Motovision

Phillips Motovision low beam

Phillips Motovision HIi Beam

*cek pict gan di pinggir2 beam spot nya ada bias cahaya orange, cocok buat ujan tu gan
Phillips VS Osram all season

Beberapa Tipe Bohlam Halogen untuk Sepeda motor:
Tipe pertama yaitu bohlam dengan kaki 1, soket M5
Biasanya digunakan pada motor bebek seperti Honda grand, Yamaha Jupiter, Yamaha mio dan Honda vario. Kaki 1 ini juga masih dibagi dalam berbagai daya yaitu 18/18 watt, 25/25 watt,30/30 watt,35/35 watt.Tipe kedua yaitu bohlam dengan kaki 2
Biasanya digunakan pada motor vespa, dan dibagi lagi dua macam pilihan daya yaitu 25/25 watt dan 35/35 wattTipe ketiga yaitu bohlam dengan kaki 3, soket H6
Diaplikasikan pada bebek seperti Honda supra, Honda tiger dan Honda GL terdapat dua macam pilihan daya yaitu 35/35 watt dan 35/30 watt.Tipe keempat dengan lubang 3
Tipe ini sudah sangat jarang beredar, karena digunakan pad motor lama seperti Yamaha rx-king. Tersedia dalam ukuran 35/35 wattTipe soket H7
Tipe ini sering ditemukan pada mobil, tetapi untuk motor juga ada yang menggunakan bohlam tipe ini. Untuk penampakannya tergolong kecil dan punya filament hanya 1. Sedangkan daya sebesar 55 watt, contoh, dipake di Kawasaki Ninja 250 & Bajaj Pulsar 220FTipe soket H4
Tipe ini juga sering dipakai oleh mobil, untuk dimotor yang memakai socket ini adalah motor Honda CBR 250 cc dan CBR 150cc, Bajaj Pulsar 200 NS, Bajaj Avenger series. Daya lumayan tinggi yaitu memakai daya 60/55 watt.Tipe soket HS1
Tipe ini secara fisik mirip dengan H4, tetapi HS 1 ini didesain khusus untuk motor dengan daya 35/35 watt. Tidak dianjurkan motor yang aslinya memakai HS1 kemudian diganti dengan H4, karena bisa membuat reflector lampu menjadi meleleh. Bohlam ini dapat djumpai pada Yamaha vixion dan Kawasaki athelete, Bajaj Pulsar series, TVS Apache seriesCompare (Perbandingan)

Perbandingan Osram asli dan ASPAL (Palsu)

(yg kiri palsu gan)
Ini beam pattern nya asli sama ASPAL

Juragan pasti ngalami beberapa brand lampu hi/low beam nya terbalik ini gan ada tips dari juragan MATSUKAWA


congkel pke obeng (-) salah satu ujung yg ada pengait ke body fitting sampe lepas kedua pengaitnya

setelah terlepas putar 180 derajat, ampe ke2 pengaitnya bertukar posisi..
pasang kembali sma sprti cra ngelepasnya...
wallaaa,hi low beam nya dh ngikut saklar,ga ketuker lgi
Cara Pasang Relay
Berikut tips pasang relay dari suhu novaera,Relay berguna untuk mencegah saklar meleleh apabila kelistrikan lampu sudah fullwave.

Ini Gan Kenapa Lampu Halogen Ga Boleh Dipegang Tangan
1. Jari tangan kita selalu meninggalkan sidik jari berupa lapisan lemak tipis.
2. Lapisan lemak yang menempel pada kaca lampu halogen membuat suhu permukaan kaca lebih dingin dibanding permukaan kaca yang lain. Hal ini karena lemak tadi pada suhu yang sangat tinggi akan melebur menyatu dengan kaca yang berbahan dasar Quartz sehingga koefisien muainya menjadi berbeda dengan bagian yang bersih. Jika perbedaan koefisien muainya sangat besar, bisa menyebabkan kaca pecah.
3. Akibat perbedaan suhu cackle di atas, proses siklus halogen tidak dapat bekerja sempurna.
4. Semakin banyak uap tungsten yang terkondensasi pada kaca lampu, tepatnya pada bagian kaca yang lebih dingin (ada lemak). Bagian tersebut biasanya akan menjadi berkabut hitam, abu-abu atau putih.
5. Akhirnya lampu menjadi cepat putus, akibat filamen tungsten yang cepat menipis karena menguap.

Demikian share dari saya dan mohon ditambah jika juragan punya pengalaman seputar lampu halogen motor, semoga berguna buat juragan yg pengen meningkatkan performa lampu tanpa ubahan neko2.
Jika ada yg kurang silahkan ditambahin gan,saya siap terima saran2 dan masukan yg membangun untuk thread ini.
Terimakasih
Keep Safety Riding Brothers
Kesimpulan
Harga tinggi belum tentu terbaik gan soal lampu halogen ini, semua memilki spesifikasinya masing-masing sesuai pengaturan pabrikan.
Bahkan merk / brand terkenal sekalipun bukan jadi yang terbaik dalam ranah penerangan halogen untuk sepeda motor.
Nah gan, gimana kira-kira informasi diatas oleh Agan Karbonsurya ?
Jika Agan merasa sangat terbantu dan berguna, bisa disharekan ke kawan lainnya yang dirasa membutuhkan info diatas.
Akhir kata dari PRS, jadi rider yang cerdas gan 👍
Terima kasih sudah mampir.
Konversi KodeConversion EmoticonEmoticon