Tips Mengganti Ban Motor Lebih Besar

sumber : otomania.com
Pagiracingsport.com - Begitulah cara pikir orang kekinian gan....

Kalau nggak ban "cacing" yang kurus banget bagai sepeda ontel, paling-paling ya ban tapak lebar. Kedua hal itu sudah pasti sebagai standar tampil "berbeda".

Faktanya mengganti ban namun tanpa merubah velg-nya, jelas bukan suatu ide bagus. Malahan beresiko gan.

Teori, ban tapak lebar cengkraman makin kuat itu hanya berlaku pada mobil, apalagi kalau nggak diimbangi dengan velg yang pas.

Nah, untuk Agan yang merasa bimbang karena berita yang masih simpang-siur mengenai kejelasan bak tapak lebar.

Sebaiknya Agan baca tips-tips berikut ini sebelum memutuskan untuk "deal" dengan si ban tapak lebar :


  1. Untuk menunjang perfoma, perbesar gear bagian belakang atau sproket. Tujuannya agar daya penarik roda lebih kuat.
  2. Perhatikan jarak terluar bibir/ permukaan ban dengan rantai, Pastikan diluar lengan ayun, tetapi tertempel pada rantai. Jelas Agan harus mengukur dahulu, sebelum menentukan ban yang cocok.
  3. Pastikan mengganti ban tapak lebar, imbangi dengan juga mengganti velg yang sesuai dengannya. Jika Agan masih melakukannya, perhatikan saja permukaan ban tidak menyentuh aspal secara sempurna. Jelas bukannya daya cengkram meningkat namun sebaliknya, malah menurun drastis.
  4. Amati selisih ukuran ideal antara ban dengan velg motor. Umumnya ukurannya selisih dua tingkat. Contoh, velg standar lebar 2,75inch menggunakan ban standar 3inch dengan maksimal ukuran ban 3,25inch atau 100/90.

    Velg 3,25inch maksimal menggunakan ban 4inch atau 120/70.
  5. Jika ukuran velg dan ban sudah mantap sesuai, perhatikan ukuran lebar lengan ayun. Jika bisa, biarkan lengan ayun tetap standar. Jika ingin menggantinya, gantilah yang lebih lebar, biasanya dari limbah moge.

Konversi KodeConversion EmoticonEmoticon

:)
:(
=(
^_^
:D
=D
=)D
|o|
@@,
;)
:-bd
:-d
:p
:ng