Pagiracingsport.com - Harga busi memang nggak seberapa, tetapi kalau penggantian busi jadi rutin 1-2bulan sekali ketika penggantian oli karena alasan mesin mulai susah hidup jika dipakai lebih dari jangka waktu tersebut.
Hal itu patut dipertanyakan.
(Ini penggunaan sehari-hari bung, bukan balapan hahaha)
Klep bocor mungkin ?
Idealnya motor kalau distarter nggak perlu bersuara "batuk-batuk" dulu. Ketika klep mengalami kebocoran maka komposisi integrasi bensin+udara di ruang pembakaran jadi terganggu, bahkan sebagian terbuang percuma keluar.
Pada kondisi pembakaran seperti itu akhirnya busi-lah yang jadi korbannya, karena elektroda busi sulit memantik gas bakar. Sehingga basahlah busi akibat proses pembakaran yang "setengah" gagal tersebut.
Nggak ketinggalan juga, efek samping lainya yakni motor jadi segan untuk hidup perlu proses "batuk-batuk" dahulu. Karena karbu sulit disetting langsam, maka imbasnya campuran gagal tersebut membasahi komponen busi dan sekitarnya.
Untuk menormalkan kembali payung klep maka diperlukan sekir ulangan atau lebih gampangnya membuat dudukan alur baru agar sitting dan payung klep terkompresi dengan aman tanpa "jebol" keluar.
Sekir ulang direkomendasikan dengan menggunakan tangan karena hasilnya lebih maksimal, Jika payung dan sitting klep sudah lama bisa gunakan amril kasar dan gosok selama 5menit, tapi jika masih baru gunakanlah amril yang kasar.
Referensi
Konversi KodeConversion EmoticonEmoticon