Cara Merawat Body Kit Fairing Fiberglass

Fairing fiberglass old vixion r125


Pagiracingsport.com -
 Fiberglass ? Merawat ?

Hmm.... Hal yang patut dipertanyakan bukan soal "merawat fairing fiberglass".

Beberapa pertanyaan seputar ketahanan fiberglass dan beragam opini jawaban beredar didunia maya rupanya membuat beberapa modifikator mula-mula menjadi salah persepsi terhadap fairing berbahan dasar fiberglass.

Beberapa ada yang bilang cat mudah luntur dan fairing berbahan fiber mudah pecah.


Kita ketahui, bahan utamanya dari serat kaca, tentu tidak padat dan hanya dipadatkan dengan campuran-campuran lainnya. Artinya bila jatuh bukan pecah, namun retak, tentu tergantung kekuatan benturan juga dan kualitas pembuatan juga dan jika terbentur keras tentu tidak akan pecah berkeping-keping.

(Sampai disini kita kembali ke cara perawatan gan haha...)

Sebenarnya jika Agan pengendara kuda besi yang rajin membersihkan dan mencuci motor dengan cara tepat itu sudah cukup kok, namun ada lagi tips lebih aman untuk pengendara tingkat ekstrim.

3 Tips Dasar Merawat Fairing

  1. Finishing cat fairing fiberglass terdapat beberapa macam teknik dan jenis cat yang digunakan. Ada yang finishing pengecat-an dengan clear, yang membuat ketahanan cat lebih lama dan ada juga yang tidak.

    Perbedaanya mudah, jika sudah di-clear cat akan lebih mengkilap dan serasa lebih "hidup".

    Untuk ketahanan cat pada fiberglass sebaiknya Agan mewanti-wanti saja dengan sering merawatnya jika kotor atau terkena air hujan, bisa gunakan cairan kit atau sejenisnya tentu yang tidak merusak cat.
    cat dengan clear fiberglass
  2. Kali ini soal "hidup dan mati" unsur seni dari motor Agan. Untuk finishing desain pastikan pilih yang dirasa terbaik menurut Agan. Pada umumnya terdapat tiga finishing, Airbrush, Cutting Sticker, dan Decal.

    Ketiganya memiliki kekurangan dan kelebihan tentunya. Sebut saja kelebihan decal dan cutting sticker adalah warna yang lebih tahan lama dan pembuatanya mudah serta kekuranganya harus hati-hati saat membersihkan pada ujung stiker atau decal.

    Tentu saja, untuk ketahanan yang lebih lama kendaraan Agan lebih baik diparkir tidak terpapar dengan matahari langsung alias dibawah atap atau dalam bangunan.
  3. Ini dia yang terakhir dan rekomendasi untuk pengguna pengendara ekstrim.

    Agan bisa gunakan frame slider atau pelindung fairing. Terbuat dari plat besi yang ditanamkan pada rangka atau braket fairing Agan.

    Untuk langkah nomor tiga ini saya rasa diwajibkan bagi yang bilang "fairing fiberglass itu mudah pecah" hahaha... Tenang saja harganya juga sangat terjangkau gan.

    Seperti motor Yamaha R15 dibawah ini sebagai contoh penggunaan frame slider.

    Bisa bayangkan bagaimana sensasinya kalau nggak pake frame slider gan ?
    Hehe.. Jangan sampai ya gan.

    pelindung fairing fiberglass
    Sumber : hblog.mortech.co.id/
Sekian tips dari Pagi Racing Sport gan, terimakasih sekali Agan-Agan yang sudah berkunjung.
Selanjutnya
« Post Selanjutnya
Sebelumnya
Post Sebelumnya »

Konversi KodeConversion EmoticonEmoticon

:)
:(
=(
^_^
:D
=D
=)D
|o|
@@,
;)
:-bd
:-d
:p
:ng