Berapa Lama sih Ketahanan Busi itu ?


Pagiracingsport.com - Salaaam busii gan !! haha..

Agan-Agan pembaca pasti tau apa itu busi, yak bener gan busi adalah salah satu komponen kendaraan bermotor yang fungsinya sangat vital. Namun karena harganya yang umumnya tidak terlalu menyiksa kantung, kadang komponen ini diabaikan dan akhirnya membuat momen fatal diwaktu kedepanya, ada yang kendaraan tiba-tiba mati, pengeluaran biaya bahan bakar kian meningkat (meskipun tidak signifikan), dan kendaraan nggak se-perkasa biasanya.

Tahukan Agan bahwa busi membutuhkan perawatan agar bisa bertahan lama, itu berarti bukan melulu menunggu busi tidak berfungsi lalu menggantinya. Juga nih gan, walau dilakukan perawatan tetapi juga ada jangka waktu pakai maksimalnya hingga busi pantas "dipecat" dari motor ente.

"Wah, ane mending ngirit aja gan !! gapapa perfoma motor kurang dikit-dikit kan lumayan bisa ngirit".

Gini gan bisa dibersishkan (perawatan) bukan berarti bisa dipakai selamanya tetap ada batas waktu pakainya. Standarnya usia busi 8.000 KM sampai dengan 10.000 KM.

Agan nggak perlu nunggu busi sampai mati lalu baru melakukan penggantian. Biasanya gan jika busi sudah melewati batas pemakaian maka kinerja untuk mengantarkan percikan api ke ruang pembakaran akan berkurang. Kalo disepelekan tentu Agan tau yang terjadi. Pembakaran tidak sempurna, akibatnya bahan bakar terasa lebih boros, dan tenaganya bisa loyo.

Umumnya gan, orang mengandalkan waktu servis untuk masalah pembersihan busi. Walaupun gitu gan, jangka pakai yang baik adalah saat sudah kurang lebih 2.000 KM maka pembersihan dilakukan. Sama seperti penggantian oli, namun perlu diketahui tidak semua jasa servis dan waktu penggantian oli disertai pembersihan busi gan.

Jadi gimana Agan-Agan ? Sudahkah melakukan perawatan busi dengan rutin ?
Selanjutnya
« Post Selanjutnya
Sebelumnya
Post Sebelumnya »

2 komentar

Click here for komentar
FullApkZ
admin
January 10, 2017 at 10:19 PM ×

Gan... Motor ane kok mogok sendiri . di stater tidak bisa , kick stater juga los . katanya klopnya bermasalah gitu . dan waktu ane perhatikan si tukang service buka bagian busi dan di beri oli' apakah memang dibagian itu yang bermasalah ?
katanya gara2 pake premium, jadi kotor gitu mesinnya .
maaf newbie soal otomotif

Reply
avatar
January 11, 2017 at 10:39 PM ×

Bisa jadi klep-nya kemasukan air + businya kotor gan. Cara membersihkan busi yang efektif menggunakan bensin, namun oli juga bisa digunakan.

Kalau busi kotor jadi susah hidup gan bahkan sampai kejadian kaya Agan nggak mau hidup.

Premium belum ada bukti yang kuat gan, bisa jadi filter bahan bakar Agan yang kotor atau tidak sempurna, tidak menutup kemungkinan premium jg bisa penyebabnya.

Saran PRS, langsung ganti petralite aja gan yang "pasti" bersihnya

Reply
avatar